Ini Sosok Kapolda Aceh dari Masa ke Masa

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH — Kepolisian Daerah Aceh atau Polda Aceh adalah pelaksana tugas Kepolisian RI di wilayah Provinsi Aceh.

Polda Aceh karena tergolong polda tipe A, dipimpin oleh seorang kepala kepolisian daerah yang berpangkat bintang dua atau (Inspektur Jenderal Polisi).

Pada masa Polri bergabung dengan TNI, Polda Aceh (kala itu bernama Komando Daerah Kepolisian (Komdak atau Kodak) I/Aceh) masih dipimpin oleh perwira tinggi berpangkat brigadir jenderal polisi atau satu bintang di pundaknya.

Kapolda Aceh di era transisi reformasi (1997-1999) yang terakhir menjabat ialah Brigjen Pol Djuharnus Wiradinata.

Saat ini, Irjen Pol Wahyu Widada menjabat sebagai Kapolda Aceh menggantikan Irjen Pol Rio Septianda Djambak.

Lantas siapakan Irjen Pol Wahyu Widada?

Brigjen Pol. Drs. Wahyu Widada M.Phil adalah pria kelahiran Sleman, 11 September 1969, Jawa Tengah.

Wahyu Widada lulusan Akpol tahun 1991 dan mengambil sekolah penerbangan pada tahun 1995.

Wahyu dikenal fasih berbahasa Ingris.

Awalnya mengikuti pendidikan AKPOL 1991, dilanjutkan dengan PTIK 1998, SESPIM II 2006, SESPIMTI 2014.

Selian itu dia juga sudah mengikuti pendidikan kejuruan di Kepolisian. Pada tahun 1995 menyelesaikan sekolah penerbangan.

Dilanjutkan setahun kemudian PA Intelkrim, pada tahun yang sama juga mengikuti pendidikan PA Brimob dan pada 2002 mengikuti national managemen course.

Karirnya diawali pada Pama Subdit Pol Udara dit Samapta Polri pada Juli 1992. Pada tahun 1994 sampai 1996 menjadi co pilot Pol Udara. Tahun 1998 menjabat Pama dan Paur Samapta Polri, baru pada tahun 2001 dipercayakan sebagai Kapolsek Metro Pademangan, Polda Metro Jakarta Utara.

Tiga tahun kemudian dipercayakan sebagai Waka Polres Bekasi, Polda Metro Jaya.

Tahun 2005 dipercayakan sebagai Ses Spripim Polda Metro. Pernah juga menjabat sebagai Kasubag Mujab Robinkar SDM Polri dan menjadi Pamen SDE SDM Polri.

Pada tahun 2008 Wahyu dipercayakan menjabat sebagai Kapolres Pekalongan, Jawa Tengah.

Setahun kemudian sebagai Sespri Kapolri. Setahun dari sana kembali dipercayakan sebagai Kapolresta Tangerang, Polda Metro Jaya. Setahun sebagai Kapolresta Tangerang, kembali dipercayakan sebagai Kapolres Metro Tangerang.

Dok: Acehsatu.com

Sampai  2019 Brigjen Pol Wahyu mendapat tongkat komando sebagai Kapolda Gorontalo.

Hanya tiga bulan lebih di menjabat sebagai Kapolda Gorontalo, kejutan kembali terjadi dia dipercayakan sebagai Kapolda Aceh.

Berikut nama-nama Kapolda Aceh dirangkum sejak era reformasi (Hal 2)>>>>