Ini Kata Pengunjung Hingga Tetangga soal Pria Pindahkan Rumah dalam Semalam

ACEHSATU.COM – Pengakuan Giman (47) bisa memindah rumahnya seorang diri membuat banyak orang penasaran. Ada yang percaya namun banyak juga yang masih merasa heran.

Giman menjelaskan, rumah yang ia pindahkan merupakan jenis rumah adat Jawa, yang terdiri dari 20 tiang kayu, lengkap dengan atap genting. Rumah itu berukuran 10 x 12 meter.

Oleh Giman, rumah di Dusun/Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar, Ngawi itu digeser 60 sentimeter ke depan. Lalu dinaikkan sekitar 1,3 meter dari pondasi lama.

“Tetangga ndak ada yang tahu. Rumah saya juga dekat, baratnya situ juga ndak tahu. Kok tahu-tahu sudah pindah. Ini atap genting dulunya berjajar dengan atap yang rumah bagian Giman yang depan,” ujar Suharto, tetangga Giman kepada detikcom, Kamis (9/7/2020).

Sementara Kepala Dusun/Desa Mengger, Sudadi, meyakini Giman memiliki kekuatan gaib. Sehingga bisa memindah rumah seorang diri dalam semalam. Bahkan hanya membutuhkan waktu 1,5 jam.

“Itu kejadian Kamis malam Jumat Pon atau tanggal 25 malam 26 Juni kemarin. Kalau menurut cerita Giman, umpamanya ilmu itu istilahnya utamanya jiwa raga ada, tapi isinya istilahnya sukmanya itu mungkin sudah jadi banyak temen dalam pikiran imajinasinya. Mungkin kan gitu,” papar Sudadi.

“Seperti kisah Roro Jonggrang ini,” imbuh Sudadi.

Pengakuan Giman yang bisa memindah rumah sendirian, imbuh Sudadi, membuat banyak warga penasaran bahkan sejak seminggu terakhir. Dalam sehari, pengunjung bisa hampir seribu orang.

“Beberapa hari ini setiap hari hampir seribu yang berkunjung. Kita sudah persiapkan semua untuk pengunjung wajib memakai masker dan dibatasi mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB,” tambahnya.

Salah seorang pengunjung, Ayun (30), juga mengaku penasaran dengan kabar yang beredar. Ia mengaku antara percaya dan tidak percaya dengan pengakuan Giman.

“Saya dari Sidolaju, penasaran antara percaya dan tidak kok bisa seperti itu,” ujar Ayun. (*)