Ini Kata Pemprov DKI Soal Warga Terdampak Banjir Siapkan Gugatan ke Anies

ACEHSATU.COM – Warga Jakarta yang terdampak banjir menyiapkan gugatan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pemprov DKI menghormati upaya hukum yang ditempuh warga.

Foto: Gedung Balai Kota DKI Jakarta. (Ari Saputra-detikcom)

“Saya sih tinggal nunggu saja apa isi gugatannya, kan kita juga belum baca, apa intinya seperti apa, yang jelas semua warga negara punya hak sama di depan hukum. Mereka menggugat itu hak mereka, kita tidak bisa menghambat atau tidak bisa menghalangi seperti juga pengadilan tidak bisa menolak perkara kan, malah kita juga tidak bisa menghalang-halangi warga untuk mengajukan gugatan karena itu bagian dari hak mereka,” kata Kepala Biro Hukum DKI, Yayan Yuhanah, saat dihubungi, Minggu (5/1/2020) malam.

Yayan mengatakan belum bisa berkomentar banyak mengenai gugatan tersebut. Pada prinsipnya, kata Yayan, Pemprov DKI akan membaca isi gugatan dan mengonternya.

“Kalau kami biro hukum prinsipnya tinggal menunggu apa isi gugatannya seperti apa, kami tinggal mengonternya (dengan) berbagai data, barangkali kalau banjir apa yang mereka gugat, kan kita belum tahu alasannya apa, nanti kita tinggal menjawab atau menjelaskan atau memberikan apa-apa yang sudah kita kerjakan, silakan pengadilan yang menilai apakah yang sudah kita lakukan benar atau tidak,” ujar dia.

Tim Advokasi Korban Banjir DKI Jakarta 2020 meminta warga yang mau menggugat bisa mengirimkan data ke e-mail [email protected] Berkas yang dimaksud adalah:

1. Nama, alamat, no telp/HP, KTP DKI Jakarta.
2. Rincian dan perkiraan jumlah kerugian.
3. Foto-foto bukti kerugian.
4. Waktu kejadian/peristiwa sama, yakni tanggal 1 Januari 2020. (*)