Ini Jadwal Tahapan Pilkada Aceh

Tahapan Pilkada Aceh mulai ditetapkan jadwalnya oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh terkait pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2022-2027.
Tahapan Pilkada Aceh
Ketua KIP Aceh Samsul Bahri. Antara Aceh/M Haris SA

Tahapan Pilkada Aceh

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Tahapan Pilkada Aceh mulai ditetapkan jadwalnya oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh terkait pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2022-2027.

Tahapan akan dimulai pada Februari 2021.

“Sesuai rancangan, tahapan pilkada dimulai Februari 2021. Tahapan pilkada berlangsung selama 18 bulan,” kata Ketua KIP Aceh Samsul Bahri di Banda Aceh, Rabu (2/12/2020).

Samsul Bahri menyebutkan rancangan tahapan pilkada Aceh tersebut belum ditetapkan. Penetapan rancangan dilakukan setelah KIP Aceh berkoordinasi dengan KPU RI.

Terkait pilkada Aceh, Samsul Bahri mengatakan pemilihan pasangan gebernur dan wakil gubernur tersebut dijadwalkan pada 2022.

Pilkada Aceh berpedoman pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh.

“Undangan-undang pemerintahan Aceh atau UUPA merupakan kekhususan Aceh. UUPA mengamanahkan pemilihan kepala daerah di Aceh berlangsung setiap lima tahun sekali,” kata Samsul Bahri.

Menyangkut dengan anggaran pilkada, Samsu Bahri mengatakan KIP Aceh mengusulkannya sebesar Rp214 miliar. Usulan anggaran tersebut tidak termasuk alat pelindung diri jika pandemi COVID-19 masih berlangsung saat pilkada Aceh.

“Namun, kami tidak tahu apakah anggaran tersebut sudah disetujui atau tidak. Sebab, kami tidak pernah diajak membahas usualan anggaran pemilihan kepala daerah tersebut,” kata Samsul Bahri.

Samsul Bahri menyebutkan informasi yang diterima dari media massa bahwa anggaran pilkada tersebut ada dialokasikan. Anggaran itu dialokasikan dalam belanja tidak terduga atau BTT.

“Kami juga belum bisa memastikan apakah informasi itu benar atau tidak. Informasi soal anggaran pilkada ditempatkan di BTT kami baca dari media massa,” kata Samsul Bahri.

Tahapan Pilkada Aceh
Ketua KIP Aceh Samsul Bahri. Antara Aceh/M Haris SA

Sebelumnya diberitakan, Pilkada Aceh dilaksanakan 2022. Hal itu sudah disepakati oleh DPR Aceh dan Pemerintah Aceh.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRA) Safaruddin menegaskan bahwa pihaknya bersama Pemerintah Aceh sudah menyepakati pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) diselenggarakan pada 2022 mendatang.

Pilkada Aceh
Ilustrasi. Net

“Pemerintah dalam hal ini Gubernur Aceh dan juga DPRA sepakat Pilkada Aceh harus mengacu pada UUPA (UU Pemerintah Aceh) yaitu pada 2022,” kata Safaruddin, Selasa (24/11/2020) di Banda Aceh.

Safaruddin menyampaikan, sesuai dengan keputusan politik saat konsolidasi Komisi I DPRA dengan Komisi A DPRK kabupaten/kota se Aceh, semuanya telah menyepakati Pilkada Aceh dilaksakan 2022, bahkan Pemerintah Aceh juga sudah keluarkan sikap sepakat.

“Pemerintah sudah siap gelar Pilkada, semua kesepakatan juga telah diteruskan ke Kemendagri,” ujarnya.

Meski demikian, kata Safaruddin, mengingat masa jabatan Gubernur Aceh hingga Juli 2022, maka pelaksanaan Pilkada harus dilaksanakan sebelum periode kepala daerah berakhir. (*)