oleh

Ini Harapan Ombudsman RI Kepada Kepala Dinas Sosial Aceh

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Dr Taqwaddin menyampaikan harapan besar kepada Dinas Sosial Aceh untuk berperan aktif dalam masa pandemi Covid-19 seperti yang terjadi saat ini.

Menurut Taqwaddin, wabah yang pertama kali muncul di Wuhan China itu berdampak pada meningkatnya jumlah kemiskinan atau orang miskin baru di Provinsi Aceh.

Ombudsman Perwakilan Aceh juga menekankan agar jika ada bantuan-bantuan sosial sebisa mungkin komoditasnya itu berasal dari Aceh dengan cara dibeli dari usaha mikro lokal untuk kemudian disalurkan ke warga Aceh. Sehingga perputaran uang tidak mengalir ke luar daerah.

“Nah kalau uang yang mencapai sekian puluh milyar ini dibelanjakan ke luar, maka uang itu akan berputar di luar Aceh bukan di Aceh. Sementara orang miskin Aceh semakin ramai, namun jika dibelanjakan di Aceh maka akan membantu pertumbuhan ekonomi Aceh,” ujar Taqwaddin saat berkunjung ke Kantor Dinas Sosial Aceh, Selasa (30/6/2020).

Kebijakan model ini, lanjut Taqwaddin, akan berdampak bagi para pelaku usaha menengah dapat memasarkan produknya, misalkan ikan kayu, kopi, atau garam.

Dia juga berharap jika ada komoditas yang diproduksi di Aceh, maka pemangku kebijakan sebaiknya membeli produk lokal walaupun untuk mengumpulkan produk tersebut membutuhkan usaha ekstra karena ketiadaan produksi dalam jumlah besar.

“Walaupun agak sedikit lelah asalkan ekonomi Aceh dapat sedikit bergerak, dan usaha-usaha mikro bisa terus berkembang apalagi selama pandemi ini mereka nyaris hampir bangkrut. Makanya ini perlu ada kita bantu,” tandas Taqwaddin.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri, berterimakasih atas kunjungan dan apresiasi yang diberikan Ombudsman RI Perwakilan Aceh kepada jajarannya di Dinsos Aceh.

Kepada Kepala Kepala Ombudsman Dr Taqwaddin, Alhudri berharap untuk terus mengawal, memonitoring memberi masukan atas kerja-kerja Pemerintah Aceh khususnya Dinas Sosial Aceh dalam upaya membangun kesejahteraan sosial dalam mewujudkan Aceh Hebat.

Alhudri menegaskan dalam membangun Aceh yang lebih baik pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya keterlibatan pihak-pihak lain untuk berpartisipasi. Menurutnya langkah ini yang selalu diingatkan Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT kepada pihaknya.

“Kami sangat berterima kasih kepada Ombudsman Aceh dan kami juga mengajak serta agar Ombudsman untuk terus mengawal kerja-kerja kami untuk Aceh yang lebih baik ke depan,” katanya. (*)

Indeks Berita