oleh

Ini Asal-usul Sepeda Brompton yang Dipakai Personel Satpol PP Makassar

-Nasional-1.286 views

ACEHSATU.COM – Kepala Satpol PP Kota Makassar Imam Hud angkat bicara mengenai foto dan video viral terkait personelnya yang memakai sepeda Brompton. Dia langsung membantah anggapan bahwa sepeda tersebut inventaris Satpol PP Makassar. Dari mana asal-usul sepeda Brompton yang viral itu?

“Pertanyaannya mana sempat, logikanya di mana? Saya orang paling care yang namanya rasa keadilan, ngapain anggota saya pakai Brompton seperti itu harganya puluhan juta, mending untuk operasional anggota saya,” ujar Imam, seperti dilansir detikcom, Rabu (8/7/2020) malam.

Menurut Imam, peristiwa sepeda Brompton dalam foto dan video viral tersebut terjadi pada tahun lalu, tepatnya saat Iqbal Suhaeb baru saja menjabat PJ Wali Kota Makassar.

“Jadi itu peristiwanya, itu kejadiannya tahun lalu, pada saat Pak Iqbal Suhaeb menjadi PJ Wali Kota,” ujar Imam.

Dia mengatakan anggotanya ditugaskan di rumah jabatan Wali Kota saat Iqbal Suhaeb baru saja menjabat. Kemudian saat itulah datang sejumlah anggota komunitas sepeda.

“Kemudian itu betul anggota saya Satpol PP Makassar dan betul lokasinya depan Rujab Wali Kota. Jadi pada saat itu ada komunitas sepeda mampir ke tempatnya Pak PJ Wali Kota Iqbal saat itu,” katanya.

Aksi Satpol PP Makassar memakai Brompton di Losari. (Foto: Istimewa)

“Mungkin pada saat itu, kata anggota saya, tiba-tiba mereka disuruh pakai sepeda tersebut, kemudian difoto oleh salah satu komunitas, mungkin share-lah di Instagram sehingga booming seperti itu,” sambung Imam.

Imam mengatakan, jika sepeda Brompton itu disebut milik Satpol PP Makassar, sangat tidak mungkin diloloskan anggarannya oleh DPRD Kota Makassar.

“Kalau saya sih, nggak mungkin lah, lihat aja itu bukan inventaris Satpol PP. Logikanya kan, misalnya ada yang meragukan pernyataan saya, ya jejak foto digital ada,” katanya.

“Kedua apakah DPA Satpol PP itu ada anggarannya beli sepeda Brompton, ya pasti kalau orang mengerti tentang pengelolaan administrasi keuangan yang ketat, mana mungkin disetujui,” imbuhnya.

Sebelumnya, beredar foto dan video yang merekam sejumlah anggota Satpol PP di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), sedang memakai sepeda merek Brompton. Mengingat Brompton punya harga selangit, foto dan video tersebut kemudian viral di media sosial.

Di video viral, terekam 6 anggota Satpol PP masing-masing mengayuh sepeda Brompton. Selain itu, ada foto anggota Satpol PP yang berjejer memegang sepeda Brompton. (*)

Indeks Berita