Berita Lainnya

Hukum

Politik

5 Negara yang Menolak Bertanding dengan Israel
Israel (Reuters)

ACEHSATU.COM Mengenai penolakan kedatangan tim nasional (timnas) Israel ke Indonesia, dalam gelaran Piala Dunia U-20 mendatang menjadi perhatian publik. Penolakan ini sesuai dengan amanat UUD 1945 yang menolak segala bentuk penjajahan.

Selain itu, hal tersebut merupakan sikap Republik Indonesia yang telah digaungkan Presiden Soekarno sejak dulu. Bukan hanya Indonesia, sejumlah negara juga menolak Israel.

Berikut daftar negara yang menolak Israel, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/3/2023) :

1. Indonesia

Baru-baru ini berbagai pihak di Indonesia menyatakan penolakan kedatangan Tim Nasional Israel ke Indonesia, sehubungan dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Indonesia merupakan tuan rumah Piala Dunia U-20 yang rencananya dimulai pada 20 Mei mendatang. Namun, akibat penolakan tersebut, Indonesia dipastikan batal menjadi tuan rumah, sesuai keputusan FIFA.

Penolakan Timnas Israel ini tentunya terkait dengan konflik antara Israel dengan Palestina. Hingga kini, Israel masih melakukan penjajahan terhadap Palestina. Hal ini tidak sejalan dengan amanat konstitusi UUD 1945. Bahkan sejak dulu Presiden Soekarno tegas menolak Timnas Indonesia untuk bertanding melawan Israel di kualifikasi Piala Dunia 1958.

2. Malaysia

Tak hanya Indonesia, Malaysia juga pernah mengalami hal yang sama di tahun 2019. Saat itu Malaysia ditunjuk sebagai tuan rumah kejuaraan Pararenang Dunia 2019. Namun menuju pelaksanaan, pemerintah Malaysia menolak kedatangan atlet Israel. Saat itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman dengan tegas menolak kedatangan atlet Israel ke Malaysia. Baginya, jika menerima atlet Israel, maka Malaysia tidak memiliki moral.

3. Aljazair

Aljazair menunjukkan dukungannya kepada Palestina dan terang-terangan menunjukkan mereka menolak berhubungan baik dengan Israel. Hal ini ditunjukkan oleh salah satu atlet judo asal Aljazair, Fethi Nourine, yang mengumumkan mengundurkan diri dari Olimpiade Tokyo karena tidak ingin bertanding dengan atlet Israel. Bukan hanya sekali, ia juga pernah menarik diri dari kejuaraan dunia 2019 di Tokyo karena alasan yang sama. Selain itu, pemerintah Aljazair menolak keras warga Israel untuk melakukan kunjungan.

4. Iran

Sama halnya dengan Aljazair, Iran juga merupakan negara yang paling keras dalam menolak bermain dengan Tim Nasional (Timnas) Israel. Bahkan, penggawa Panionios FC, Iran Hajsafi dan Shojaei, pernah dicoret dari skuad Timnas Iran. Hal ini dilakukan karena mereka menghadapi klub Israel. Dianggap sudah melewati batas, mereka pun dikeluarkan dan tidak disertakan dalam skuad Timnas Iran.

5. Mesir

Ikut masuk ke daftar negara yang menolak Israel adalah Mesir. Mesir menjadi negara yang menolak untuk bermain menghadapi Israel pada kualifikasi Piala Dunia 1958. Alasannya pun serupa. Mereka membuat keputusan seperti ini sebagai bentuk solidaritas kepada warga Palestina. Mengingat, Mesir merupakan negara Muslim dan tidak ingin mendukung negara yang memiliki konflik dengan Palestina. (*)