Ini 11 Fakta dan Kronologi Penangkapan Artis Vernita Syabilla Terkait Dugaan Prostitusi

ACEHSATU.COM – Artis FTV Vernita Syabilla (VS) menambah panjang deretan nama selebriti yang ditangkap gegara kasus dugaan prostitusi. VS yang juga penyanyi ini digerebek bersama ‘pemesan jasanya’ berinisial S di hotel berbintang di Bandar Lampung.

Terhangat, Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Resky Maulana mengungkapkan VS ditangkap pada Selasa 28 Juli 2020. “Iya, (inisial VS),” kata Resky, seperti dilansir detikcom, Rabu (29/7/2020).

Menurut Resky, VS ditangkap terkait dugaan prostitusi. “Kemarin sore jelang malam di salah satu hotel. Dugaan sementara terkait prostitusi,” ujar Resky.

Dikutip dari detik.com, Berikut 11 fakta sejauh ini dugaan prostitusi artis VS:

VS Ditangkap Bersama 2 Muncikari

Selain menangkap artis VS, polisi mengamankan 2 orang yang diduga sebagai muncikari.

“Iya (bersama 2 muncikari),” ujar Resky saat dihubungi detikcom, Rabu (29/7/2020).

VS ditangkap kemarin sore di salah satu hotel di Lampung.

Tengah Bersama Pemesan di Kamar Hotel

Artis VS diamankan polisi saat sedang bersama seorang diduga pemesan ‘jasa’ prostitusi di dalam kamar hotel.

“Sama-sama kita amankan,” kata Resky, saat dimintai konfirmasi, Rabu (29/7/2020).

Pemesan disebut merupakan pria berinisial S. Resky belum menjelaskan detail identitas VS dan S.

VS Berprofesi Artis FTV dan Penyanyi

VS yang digerebek polisi terkait prostitusi disebut sebagai artis FTV.

“Iya (VS) perempuan,” kata Resky saat dihubungi detikcom, Rabu (29/7/2020).

Selain FTV, polisi mengatakan VS juga seorang penyanyi. “FTV iya, penyanyi juga,” ujarnya.

Polisi masih terus mendalami kasus ini. “Masih pendalaman kita untuk berproses kita naikkan ke penyidikan nanti,” ujarnya.

Total 4 Orang yang Diamankan

Sedikitnya ada empat orang diamankan terkait dugaan prostitusi artis VS. Keempat orang itu adalah VS, diduga pemesan berinisial S dan dua orang diduga muncikari.

“Empat sebenarnya dengan ini,” kata Resky saat dimintai konfirmasi, Rabu (29/7/2020).

Artis VS disebut sedang berada dalam satu kamar dengan S, sementara muncikarinya berada di kamar lain. “Di satu lantai juga dia,” ucapnya.

Kondom dan Bukti Transfer Disita

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti setelah penangkapan artis VS yang diduga terlibat prostitusi artis. Ada alat kontrasepsi hingga bukti transfer disita polisi.

“Barang buktinya ada satu kotak alat kontrasepsi, uang tunai terus bukti transfer,” sebut Resky saat dihubungi detikcom, Rabu (29/7/2020).

Ketika ditanya jumlah nominal uang tunai dan bukti transfer yang diamankan dari tangan artis VS, polisi berjanji akan menyampaikannya nanti.
“Total sementara, nanti kita sampaikan saat penyidikan,” ucap Kompol Resky.

Artis VS Masih Diperiksa Intensif

VS dan tiga orang lainnya masih menjalani pemeriksaan terkait dugaan prostitusi artis.

“Untuk sementara akan dilakukan pemeriksaan secara mendalam dan menentukan status terhadap orang tersebut,” kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad, saat dihubungi, Rabu (29/7/2020).

Pandra mengatakan artis VS ditangkap pada Selasa (28/7/). Selain VS, ada juga dua orang yang diduga muncikari turut diamankan polisi.

“Sat Reskrim Polresta Bandar Lampung pada sore kemarin pada pukul 18.30 WIB telah mengamankan seorang wanita inisial VS serta dua orang diduga perantara di salah satu hotel berbintang,” ujarnya.

Sebelumnya, total ada empat orang yang diamankan polisi. Yakni, artis VS, dua diduga muncikari dan seorang diduga sebagai pemesan prostitusi berinisial S.

“Empat sebenarnya dengan ini,” kata Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Resky Maulana, saat dimintai konfirmasi, Rabu (29/7).

Detik-detik Penangkapan Artis VS

Polisi mengamankan artis VS dari salah satu hotel berbintang di Bandar Lampung, ini kronologinya:

Selasa (28/7):

Pukul 18.30 WIB

Polisi mengatakan proses penangkapan dilakukan oleh tim dari Sat Reskrim Polresta Bandar Lampung. Menurut polisi, artis VS diamankan saat sedang bersama S di salah satu hotel berbintang.

“Kemarin pada pukul 18.30 WIB,” ucap Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad saat dihubungi, Rabu (29/7).

Selain itu, polisi mengamankan dua orang lain di hotel yang sama. Menurut Pandra, kedua orang yang diamankan ini merupakan perantara alias muncikari dalam kasus dugaan prostitusi ini.

“Serta dua orang diduga perantara di salah satu hotel berbintang,” ujarnya.

Polisi juga mengamankan alat kontrasepsi, uang tunai hingga bukti transfer dari kamar hotel tersebut. Namun polisi belum menjelaskan berapa jumlah uang tunai dan apa kaitannya dengan kasus dugaan prostitusi ini.

Resky juga menyebut artis VS merupakan bintang FTV serta penyanyi. Namun dia belum mengungkap detail identitas artis VS serta ketiga orang lainnya.

Rabu (29/7):

Polisi mengatakan keempat orang tersebut masih dimintai keterangan terkait kasus dugaan prostitusi ini. Informasi detail soal kasus tersebut bakal disampaikan polisi usai gelar perkara.

“Untuk sementara akan dilakukan pemeriksaan secara mendalam dan menentukan status terhadap orang tersebut,” kata Kombes Zahwani Pandra Arsyad.

Pemesan VS Seorang Pengusaha

Pria berinisial S yang diduga sebagai pemesan turut diamankan dalam kasus dugaan prostitusi di Bandar Lampung. S disebut sebagai seorang pengusaha.

“(S) Ini pihak swasta. Iya (pengusaha), yang pasti pekerjaannya dilihat di situ wiraswasta,” kata Kapolresta Bandar Lampung Kombes Yan Budi Jaya saat dihubungi detikcom, Rabu (29/7/2020).

Tarif Kencan Diduga Rp 30 Juta

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa uang tunai saat mengamankan VS dan S.

Kapolresta Bandar Lampung Kombes Yan Budi Jaya mengungkapkan uang tunai dan bukti transfer yang diamankan bernilai total Rp 30 juta.

“Itu Rp 15 juta. Transfer Rp 15 juta tunai Rp 15 juta,” kata Kombes Yan Budi.

“Iya (Total nilainya Rp 30 juta),” sambungnya.

Status Hukum Artis VS Masih Didalami

Polisi menunggu 1×24 jam setelah penangkapan untuk menentukan status hukum orang-orang yang diamankan.

“Belum (ada penetapan tersangka), kan kita masih lihat 1×24 jamnya,” kata Kapolresta Bandar Lampung Kombes Yan Budi Jaya saay dihubungi detikcom, Rabu (29/7/2020).

Polisi masih mendalami kasus ini. Empat orang yang diamankan masih diperiksa. Polisi sejauh ini mengamankan 4 orang dalam kasus ini. Rinciannya, artis VS, pemesan inisial S, dan dua orang muncikari.

Manajer Benarkan Vernita Syabilla Diamankan

Setelah tidak ada kabar usai namanya terseret dalam dugaan prostitusi artis, pihak Vernita Syabilla akhirnya angkat bicara. Manajer membenarkan kabar tersebut.

“Iya kasus itu benar,” kata manajer Vernita Syabilla kepada detikcom melalui pesan singkat, Rabu (29/7/2020). (*)