Info Terbaru Daftar BPUM Tahap 3 dan Link BLT UMKM BRI eform bri.co.id/bpum BNI Pakai KTP Dapat Rp 1,2 Juta 

Info Terbaru Daftar BPUM Tahap 3 dan Link BLT UMKM BRI eform bri.co.id/bpum BNI Pakai KTP Dapat Rp 1,2 Juta

ACEHSATU.COM | EKONOMI – Saat ini, topik daftar Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLTUMKM tahap 3 masih ramai menjadi perbincangan masyarakat.

Sebab BLT UMKM tahap 3 merupakan program favorit untuk membantu UMKM bertahan di tengah pandemi COVID-19, melalui penambahan modal usaha secara cuma-cuma.

BPUM sendiri telah dijalankan Kemenkop UKM sejak tahun lalu. Pada tahun ini, Pemerintah menyiapkan Rp 11,76 triliun untuk program BLT ke 12,8 juta UMKM.

Adapun BPUM di 2020, dijalankan Kemenkop UKM melalui pencairan 3 tahap. Di mana pencairan tahap 1 dan 2 sudah dilakukan kepada 9,8 juta UMKM hingga Mei 2021.

BLT UMKM tahap 1 dan 2 diberikan kepada pelaku usaha mikro yang di tahun 2020 sudah mendapat BPUM. Sedangkan di tahap 3, akan ada 3 juta UMKM baru yang dapat BPUM.

Besaran BPUM pada tahun ini hanya sebesar Rp 1,2 juta per UMKM. Berbeda dengan tahun lalu, di mana BPUM cair dengan besaran Rp 2,4 juta dari Kemenkop UKM.

Lantas, bagaimana cara mengecek dapat BPUM atau tidak?

Kunjungi laman eform.bri.co.id

Isi NIK e-KTP pada kolom yang disediakan

Masukkan kode verifikasi

Lanjutkan ke proses inquiry

Setelahnya akan ada notifikasi terdaftar atau tidak sebagai penerima BPUM (BLT UMKM) 2021.

Ada beberapa penyebab NIK KTP tak terdaftar saat melakukan pengecekan di link eform.bri.co.id/bpum. Pelaku UMKM yang namanya tidak terdaftar sebagai penerima BLT BPUM bisa dikarenakan karena belum mendaftar bantuan atau tidak memenuhi syarat.

Penyebab lain adalah proses pendaftarannya belum diproses, atau sudah diproses melainkan disalurkan melalui bank lain. Sebagai informasi, bantuan Rp1,2 juta ini tak hanya cair melalui BRI, namun juga di bank BNI. Sehingga saat pengecekan NIK KTP di eform.bri.co.id tak ditemukan nama kita sebagai penerima BPUM, maka pelaku UMKM bisa cek di layanan cek online bank BNI.

Bank BNI menyediakan link layanan online untuk cek daftar penerima BLT UMKM di banpresbpum.id menggunakan NIK KTP seperti BRI.

Berikut cara cek online daftar penerima Banpres BPUM di situs BNI:

Buka link banpresbpum.id bisa dari HP, komputer, atau laptop yang terhubung ke internet

Masukkan NIK KTP di kolom yang disediakan

Klik “CARI”

Data penerima BLT UMKM akan tertera di halaman tersebut.

Jika Data NIK KTPP terdaftar sebagai penerima BLT UMKM di banpresbpum.id tersebut, maka pelaku usaha mikro bisa segera datang ke BNI terdekat untuk mencairkan bantuannya.