Ilham Pangestu Perjuangkan Fasilitas Pendukung Pelabuhan Krueng Geukuh

Anggota DPR-RI asal Aceh, Ilham Pangestu melakukan peninjauan terhadap sarana prasarana, fasilitas pendukung operasional Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Krueng Geukueh, Kota Lhokseumawe, Sabtu (14/8/2021).
Pelabuhan Krueng Geukuh
Anggota DPR-RI asal Aceh, Ilham Pangestu melakukan peninjauan terhadap sarana prasarana, fasilitas pendukung operasional Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Krueng Geukueh, Kota Lhokseumawe, Sabtu (14/8/2021). Foto Jamil Gade

ACEHSATU.COM | LHOKSEUMAWE- Anggota DPR-RI asal Aceh, Ilham Pangestu melakukan peninjauan terhadap sarana prasarana, fasilitas pendukung operasional Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Krueng Geukueh, Kota Lhokseumawe, Sabtu (14/8/2021).

Kunjungan legislator fraksi Golkar itu guna memastikan rencana pengembangan yang akan dilakukan serta menginventarisir isu-isu utama terkait pengelolaan pelabuhan terletak di pantai Utara Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh tersebut

Kedatangan Ilham Pangestu dan rombongan disambut langsung oleh Kepala KSOP Krueng Geukueh, Azwar SH MH beserta jajaran pejabatnya.

Dalam kesempatan itu Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan Krueng Geukueh, Lhokseumawe, Azwar SH MH memaparkan, Operasional atau aktifitas Pelabuhan Krueng Geukueh secara umum saat ini berlangsung sebagaimana pelabuhan lainnya di Indonesia.

Namun, Azwar juga mengakui terbatasnya fasilitas dan kesiapan pendukung menjadi perhatian serius terutama terhadap kelancaran operasional pelabuhan.

Pelabuhan Krueng Geukuh
Anggota DPR-RI asal Aceh, Ilham Pangestu melakukan peninjauan terhadap sarana prasarana, fasilitas pendukung operasional Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Krueng Geukueh, Kota Lhokseumawe, Sabtu (14/8/2021). Foto Jamil Gade

“Fasilitas seperti crane dan kapal patroli sangat dibutuhkan” tuturnya seraya menandaskan fasilitas lainnya yang sangat urgen yaitu bangunan kantor di kawasan pelabuhan.

Ia menerangkan, puluhan kapal masuk dan berlabuh di pelabuhan Krueng Geukueh.

“Lebih kurang 30 kapal per bulan masuk dan beraktifitas disini (pelabuhan)” tuturnya.

Lanjutnya, jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat jika nantinya LNG Up berjalan

“Jika LNG up berjalan nantinya, kita perkirakan ratusan kapal akan keluar masuk pelabuhan” terangnya.

Ketersediaan fasilitas itu diharapkan mendukung kelancaran operasional pelabuhan dan juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan perdagangan Nasional, khususnya daerah Aceh sekitarnya, pungkas Azwar.

Sementara itu, Anggota DPR-RI, Ilham Pangestu mengungkapkan pihaknya akan men-support pembangunan dan kebutuhan fasilitas KSOP Krueng Geukueh, Lhokseumawe. Terlebih fungsi dan keberadaannya sangat strategis.

“Pelabuhan ini (Krueng Geukueh) fungsi dan keberadaannya sangat strategis terhadap mendukung peningkatan ekonomi daerah, jadi kita berpendapat ketersediaan fasilitas pendukung kelancaran operasional pelabuhan sangat urgen” kata Politisi fraksi Golkar ini.

Kegiatan kunjungan yang juga turut dihadiri, Fourmasyah dan Frins H.Nababan dari Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Sumatera Utara tersebut.

Ilham Pangestu berharap kepada pemerintah melalui Kementerian terkait mendukung pengembangan KSOP Kelas IV Lhokseumawe, sehingga operasional pelabuhan dapat berjalan optimal.

“Di tingkat pusat, kita akan membahas hal ini bersama Kementerian terkait dan kita juga berharap ada solusi terbaik” pungkas Ilham Pangestu

Sementara itu Ketua DPD II Partai Golkar Kota Lhokseumawe, Nila Rufaida,SH.M.Kn mengatakan,  mendukung penuh langkah anggota DPR-RI asal Aceh, Ilham Pangestu terhadap pengembangan pelabuhan di Aceh.

Menurut, politisi dan merupakan salahsatu tokoh perempuan di Kota Lhokseumawe ini, pengembangan pelabuhan akan mendorong daya saing perekonomian daerah dan nasional.

“Kita apresiasi juga mendukung penuh langkah mulia bapak Ilham Pangestu, memperjuangkan untuk memajukan sektor pelabuhan di Aceh, ini penting karena akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi daerah, serta terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat” paparnya.

Turut hadir mendampingi Ilham Pangestu, Tokoh muda yang juga Ketua SIP serta Ketua Harian DPD II Kota Lhokseumawe, M.Nasir Ilyas. Ketua DPP SIP, Halid,ST. Staf Ahli Ilham Pangestu, Armansyah M.Pd.

Tanpak juga Maneger Bisnis dan Tekhnis Pelindo, Bukhari. Serta sejumlah tokoh masyarakat dan pelaku usaha eksport import pelabuhan, Kota Lhokseumawe (*)