Idul Adha dan Kurban Momentum Penyembelihan Sifat Kebinatangan

ACEHSATU.COM | ACEH BESAR – “Nilai esensial berkurban adalah bagaimana manusia melakukan penyembelihan sifat kebinatangan yang terdapat pada dirinya”.

Petikan khatib Dr. Armiadi Musa, MA tersebut disampaikan saat memberi khutbah Hari Raya Idul Adha 1441 H di Masjid Babul Maghfirah Gampong Tanjung Selamat, Jumat, (31/07/2020).

Menurut Armiadi penyembelihan hewan kurban harus dilihat sebagai bentuk ibadah yang didalamnya membawa pesan agar manusia menghilangkan sifat-sifat hewan dan tidak kikir.

Armiadi menambahkan, diantara sifat kebinatangan yang dapat dihilangkan melalui ibadah kurban yaitu sifat rakus, sifat saling menerkam, dan sifat pemuasan hawa nafsu.

Karena itu dirinya mengajak kaum muslimin agar dengan melakukan penyembelihan hewan kurban maka siapapun dapat mengambil makna bahwa sifat-sifat kebinatangan tersebut harus dihilangkan.

Selain itu Armiadi juga mengingatkan para jamaah yang hadir untuk terus meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT salah satu cara dengan berkurban.

“Hendaknya ibadah kurban bisa kita lakukan setiap tahun. Inilah bentuk syukur kepada Allah SWT. Meskipun dalam mazhab Imam Syafi’i sunnat, namun sangat dianjurkan untuk dikerjakan setiap tahun”, tutup Doktor Armiadi. (*)