Ibu Hamil Wajib Tahu, Ini Tips Aman Melahirkan di RS agar Tak Tertular Corona

Ibu Hamil Wajib Tahu, Ini Tips Aman Melahirkan di RS agar Tak Tertular Corona

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Penyebaran Corona membuat banyak orang was-was terjangkit virus mematikan itu. Apalagi bagi para ibu hamil yang harus memperoleh perawatan khusus dan melahirkan di Rumah Sakit.

Saat ini, pemerintah tengah gencar-gencarnya mengkampanyekan sejumlah larangan kepada warga guna menghindari penyebaran virus corona. Lagi pun, menghindari tempat keramaian sepertinya menjadi hal yang harus dilakukan siapapun untuk saat ini.

Kendati begitu, tak perlu menyimpan kekhawatiran berlebih. Setiap orang masih boleh ke luar rumah selama punya tujuan dan kepentingan jelas. Termasuk bagi para ibu yang ingin melahirkan di RS.

Melansir detikcom, melahirkan di tengah pandemi Corona memicu kekhawatiran para ibu hamil. Terlebih harus menjalani persalinan di rumah sakit.

Wajar bila rasa was-was kemudian muncul karena takut tertular Corona. Tentu para ibu ingin memastikan kondisi diri dan sang bayi aman saat proses persalinan.

Meski begitu, dokter kandungan dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, dr Dinda Derdameisya, SpOG mengatakan justru di tengah pandemi Corona direkomendasikan untuk melahirkan di fasilitas kesehatan. Mengapa begitu?

“Jadi sudah ada rekomendasi kalau di era pandemi ini justru harus melahirkan di fasilitas kesehatan. Nggak boleh di rumah selama pandemi, nah tipsnya agar terhindar dari Corona sekarang hampir di setiap rumah sakit setiap mau melahirkan itu harus melalui suatu skrining,” jelas dr Dinda saat dihubungi detikcom Minggu (7/6/2020).

“Skrining untuk memastikan kalau si ibu yang mau melahirkan baik dengan normal atau caesar itu tidak ada virus Corona, tidak ada virus COVID-19. Nah skrining ini beda-beda sih setiap rumah sakit, tapi intinya adalah memastikan kalau tidak terinfeksi,” lanjur dr Dinda.

Jadi para ibu tak perlu khawatir ya melahirkan di rumah sakit selama pandemi Corona. Catat syarat aman berikut dari dr Dinda.

– Skrining atau tes Corona
– Siapkan persiapan persalinan seperti biasa
– Pastikan sehat secara mental
– Pastikan pendamping juga sehat dan sudah tes Corona

“Jadi mental itu untuk ibu yang mau melahirkan di tengah pandemi Corona ini harus lebih dipersiapkan sih, selain persiapan persalinan seperti biasa dan skrining covid-19 yang memang sudah secara rutin dilakukan oleh rumah sakit,” jelas dr Dinda.

Lalu maksimal berapa orang sih yang boleh mendampingi saat persalinan?

“Hanya boleh satu orang. Ada memang beberapa rumah sakit yang melakukan skrining pada pendamping. Selain pasien pendamping pun menjalani skrining apakah terinfeksi COVID-19 atau nggak karena kan biar gimana si pendamping ikut nginep juga di rumah sakit dan ikut kontak juga dengan bayi lain atau orang-orang yang ada d rumah sakit itu,” kata dr Dinda.

Aman tidak langsung sentuh bayi saat lahir?

“Iya kalau bapaknya ya nggak apa-apa ya, tapi kan sebaiknya memang pendamping persalinan itu orang yang sehat. Orang yang nggak sakit, bagus kalau sudah dilakukan skrining juga, ya kalau bersentuhan langsung jadinya nggak masalah ya,” jawab dr Dinda. (*)