Ibadah Haji 2020 Ditunda, Ini 4 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Berhaji

Ibadah Haji 2020 Ditunda, Ini 4 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Berhaji

ACEHSATU.COM | JAKARTA –  Kementerian Agama telah memutuskan untuk meniadakan ibadah haji Indonesia 2020 dengan alasan Covid-19. Umat Muslim yang batal naik haji tak perlu khawatir, sebab masih ada beberapa amalan senilai pahala haji yang bisa dijalani.

Dikutip dari artikel Harakah.id yang disusun oleh Hilmy Firdaus, Rabu (10/6/2020), ada empat amalan yang berpahala setara dengan pahala ibadah haji. Bahkan, beberapa amalan diantaranya tanpa kita sadari sering kita lakukan.

1. Salat Lima Waktu Berjamaah

Dalam hadis riwayat Imam al-Tabrani, disebutkan orang-orang yang menunaikan salat wajib secara berjamaah memiliki pahala bernilai seperti haji.

“Barang siapa yang berjalan menuju jamaah salat maktubah, maka hal itu seperti haji. Barang siapa yang berjalan untuk melaksanakan salat sunnah, maka hal itu seperti umrah.”

Sementara itu, dalam riwayat lainnya yang disampaikan oleh Imam Abu Dawud juga menyampaikan keutamaan salat wajib secara berjamaah yang bernilai seperti pahala orang berhaji.

Baca Juga: VIDEO  Emak-emak Kampung Babo Serbu Kantor Bupati Aceh Tamiang Gegara BLT

Brangsiapa keluar dari rumahnya dengan keadaan suci guna melaksanakan salat maktubah, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berhaji.

Barangsiapa berkehendak untuk melaksanakan shalat Sunnah Dluha, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berumrah.” (HR. Abu Daud/558)

2. Iktikaf di Masjid dari Subuh hingga Dhuha

Selain salat berjamaah, melakukan iktikaf di masjid sejak subuh hingga terbit matahari dan masuk dalam waktu ibadah salat dhuha juga bernilai sama seperti haji.

Baca Juga: Versi Mellya Tentang Chat Mesra Ustaz Abdul Somad dengan Wanita Lain, Begini Ceritanya

Dalam hadis riwayat Imam al-Tabrani disebutkan:
“Barangsiapa yang mengerjakan shalat subuh berjama’ah di masjid, lalu dia tetap diam [berdzikir, beriktikaf] di masjid sampai masuk waktu pelaksanaan Shalat Dhuha, maka ia seperti akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna.”

3. Mengajar, Belajar, Menghadiri Pengajian Ilmu
Amalan setara pahala haji yang lainnya adalah menuntut ilmu. Terus berupaya untuk menambah ilmu dan mengembangkan diri memiliki pahala bernilai seperti haji.

Mengikuti kajian secara daring hingga belajar ataupun mengajar sama besar pahalanya seperti berhaji. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut:

Barang siapa yang berangkat ke masjid dengan niatan untuk mempelajari kebaikan, atau mengajari kebaikan, maka ia akan memperoleh pahala seperti pahala orang haji yang sempurna.

4. Berbakti kepada Orang Tua

Berbakti kepada kedua orang tua juga memiliki amalan setara dengan berhaji. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh sebuah riwayat yang datang dari Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Terbukti Bersalah Bunuh Bocah Umur 8 Tahun, Wanita Ini Divonis Penjara Seumur Hidup

Seorang Sahabat curhat kepada Nabi bahwa ia “punya keinginan kuat untuk melakukan jihad, tapi dirinya tidak mampu”. Lalu Nabi bertanya, “apakah orang tuamu masih ada?” Dia menjawab, “ada, ibuku…” Nabi pun bersabda, “berkhidmahlah kepada Allah dengan berbakti kepada ibumu. Jika kamu lakukan itu, maka engkau sejatinya adalah orang yang berhaji, orang yang umroh dan orang yang berjihad sekaligus.

Itulah amalan senilai pahala haji yang bisa dijalankan!