Hujan dan Angin Kencang Masih akan Terjadi Tiga Hari Ke Depan

Weather Forecaster BMKG Aceh, Stya Juangga Dirta, mengatakan, potensi hujan lebat dapat disertai angin kencang saat ini diprakirakan hampir merata di seluruh wilayah Aceh.
Ilustrasi Foto: Media Indonesia

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh menyatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, dan disertai angin kencang masih akan berlangsung hingga 2-3 hari ke depan.

Weather Forecaster BMKG Aceh, Stya Juangga Dirta, mengatakan, potensi hujan lebat dapat disertai angin kencang saat ini diprakirakan hampir merata di seluruh wilayah Aceh.

“Kondisi musim transisi ini juga diperkuat dengan adanya pengaruh/dampak tidak langsung siklon tropis noru yang berada di daratan Vietnam bagian timur yang dapat mempengaruhi dan meningkatnya pertumbuhan awan konvektif,” katanya di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan berdasarkan prakiraan angin 3000 feet, pemantauannya masih ada belokan angin (shearline) dan juga konvergensi wilayah provinsi Aceh, dan juga diperkuat dengan masih terpantaunya peningkatan suhu muka laut (SST) di Samudera Hindia.

BACA: BMKG Pusat Ingatkan Aceh Masih Diguyur Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

“Hal ini juga berkorelasi terhadap pembentukan awan konvektif/awan hujan di wilayah Aceh,” katanya.

Untuk perkiraan banjir hingga 1 Oktober 2022. Daerah yang patut diwaspadai ialah Bireuen, Aceh Timur, Kota Langsa, Aceh Utara, Aceh Selatan, Aceh Barat, Kota Banda Aceh, Aceh Tengah, Aceh Singkil, Aceh Tamiang, Subulussalam, Aceh Besar, Lhokseumawe, dan Aceh Jaya.

Ia juga menambahkan potensi hujan juga intensitasnya akan menurun seiring dengan melemahnya dampak tidak langsung siklon tropis noru, dan juga selesainya masa transisi (sudah memasuki musim hujan). (*)