Nasional

Hotman Paris dan Istri Ditahan Polisi Italia, Ternyata Begini Kronologinya

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea mengalami kejadian kurang mengenakkan bersama sang istri Agustianne Marbun saat melakukan perjalanan berkeliling Eropa pada akhir November 2018.

ACEHSATU.COM | ITALIA – Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea mengalami kejadian kurang mengenakkan bersama sang istri Agustianne Marbun saat melakukan perjalanan berkeliling Eropa pada akhir November 2018.

Secara tiba-tiba, Hotman Paris dicegat oleh polisi Italia ketika mendarat di Bandara Milan, Italia. Kabarnya, penahanan ini dilakukan oleh otoritas keamanan Bandara Milan lantaran dirinya disangka teroris.

Keluarga Hotman Paris diketahui melakukan perjalanan ke berbagai negara di Eropa. Dirinya akan melanjutkan perjalanan ke Paris dan London saat ditangkap oleh aparat di Italia. Dirinya dicegat polisi bahkan sebelum melewati pihak imigrasi. Hotman Paris dan sang istri juga belum sempat mengisi formulir bea cukai setempat saat dilakukan penangkapan ini.

Terkait kabar penangkapan ini, Hotman Paris menceritakan kronologi yang sebenarnya. Ia mengaku, bahwa otoritas keamanan Bandara Milan menangkapnya karena ia diketahui membawa uang dalam bentuk gepokan sejumlah Rp 324 juta.

BACA : Pengacara Inggris Ini Puji Keteladanan Istri Rasulullah

Jumlah uang yang dibawa Hotman Paris dan Agustianne Marbun ini terhitung di luar batas kewajaran. Oleh karena itu, pihak keamanan mencurigainya sebagai teroris.

“Biasa, kan di sana peraturannya diharuskan membawa uang keluar maksimal 10 ribu euro. Di sana kan kalau bawa uang banyak-banyak takut disangka teroris,” kata Hotman pada Senin (3/12/2018).

Hotman Paris menjelaskan bahwa memang di negara tersebut memiliki peraturan soal jumlah uang tunai yang bisa di bawa oleh para turis. Maksimal nominal yang bisa dibawa adalah 10 ribu euro, sedangkan pada saat itu Hotman Paris membawa uang sebesar hampir 20 ribu euro.

“Kalau penampilan gua kan berduit, gua duluan yang ditanya, tapi gua kan, ya… Namanya pengacara, padahal di kantong gua hampir 20 ribu euro,” jelas Hotman.

Kendati demikian, Hotman mengaku bahwa uang yang dibawanya tersebut di sebar dalam beberapa amplop. Sehingga, uang tersebut tidak berada dalam satu lokasi. Saat dicegat oleh polisi, Hotman pun memberikan dompetnya untuk diperiksa.

BACA : Pengacara Minta Habib Rizieq tak Ditahan, Ini Kata Polisi

Di dalam dompet tersebut terdapat uang sejumlah 5 ribu euro. Sedangkan sisanya ia berikan kepada sang anak. Dengan cara ini, Hotman pun bisa lolos dari pemeriksaan polisi.

“Di dalam dompet butut itu ada 5 ribu euro, jadi pas mereka itung, saya keluarkan sisa-sisanya kasihkan ke anak saya. Jadinya, aku lolos,” ujar Hotman.

Sementara itu seperti dikutip Liputan6.com, di tas milik sang istri terdapat uang hampir 20 ribu euro. Hal ini yang membuat istrinya harus menjalani pemeriksaan di kantor polisi yang berada di Bandara Milan. Dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh polisi tersebut, Hotman memperlihatkan koleksi mobil mewahnya di Instagram. Berkat ini pihak kepolisian mulai mempercayai penjelasan Hotman.

“Mereka bilang, ‘wow, Anda orang besar, ya… Sudah itu mereka mulai baik dan percaya,” ujarnya.

Kendati demikian, atas pelanggaran terhadap peraturan ini, istri Hotman Paris harus membayar denda sebesar Rp 200 euro atau senilai Rp 3,2 juta.

Sumber : Brilio.net                                                                                                        

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top