Komunitas

HMI FEB Unsyiah Mengadakan Pelatihan Jurnalistik

Dalam kesempatan tersebut, diangkat tema ‘’Goresankan Tinta, Abadikan Karya” Adapun yang menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Tokoh Pers Yarmen Dinamika

Foto | Mustakim (Acehsatu.com)

ACEHSATU.COM |BANDA ACEH – Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah melaksanakan pelatihan jurnalistik bersama wartawan senior Yarmen Dinamika di  Balai sidang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah,Selasa (10/10/2017).

Dalam kesempatan tersebut, diangkat tema ‘’Goresankan Tinta, Abadikan Karya” Adapun yang menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Tokoh Pers Yarmen Dinamika yang merupakan Redaktur Pelaksan Harian Serambi Indonesia sekaligus dikenal sebagai dosen di beberapa universitas di Banda Aceh, sedangkan yang menjadi moderator adalah Wanhar Lingga.

Yarmen Dinamika sebagai pemateri memaparkan dalam menulis khususnya berita ada unsur unsur yang harus dipenuhi diantaranya  bahwa berita itu harus actual (baru), menarik, ada unsur prestasi, unik, dan peristiwa itu penting untuk diceritakan ( Human Interest Story/HIS).

Peserta mendapat pemahaman baru tentang membuat berita berkonsep multiangle dengan rumus baru 3W+4B yang bertujuan memberi manfaat praktis, intelektual, emosional, dan spriritual bagi pembaca

Dalam sambutannya Amril Katalies, Mewakili Ambia Dianda sebagai ketua umum HMI Cabang Banda Aceh sangat mengapresiasi acara tersebut, mahasiswa diharapakan tidak hanya dapat menyampaikan gagasan dan pikirannya secara lisan namun juga dituntut mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan, maka skill menulis mutlak dimiliki oleh mahasiswa sebagai kaum terpelajar, maka dari itu menulislah agar kau abadi dalam karyamu, pungkasnya.

Senada dengan itu ketua panitia Annisa polahayati menambahkan walaupun banyak diantara kita yang sudah bisa menulis tapi keterampilan menulis perlu kita tingkatkan agar sesuai dengan kaidah penulisan yang benar. Disamping itu dengan menulis juga mempunyai nilai ekonomis seperti mampu menulis novel novel best seller, travel bloger, dsb.

Ketua Umum HMI FEB Unsyiah yang diwakili Novtrianda Alinur menyampaikan pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan HMI Komisariat FEB adalah rangakian dari program kerja tahunan dengan tujuan penguatan akademis kader dalam ilmu jurnalistik. Dengan diselenggarakan kegiatan tersebut novtrianda berharap kader HMI dapat memberikan warna baru dengan kontribusi menyumbangkan karya tulis yang dapat dibaca sekaligus bermanfaat bagi masyarakat secara umum, sesuai dengan pesan disampaikan sahabat Rasulullah Ali bin abi thalib “Rangkailah ilmu dengan menulis”.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Dekan III FEB Unsyiah Dr. Murkana SE MBA mewakili Dekan FEB Unsyiah, diikuti oleh 90 peserta, turut hadir aktivis lintas jurusan dan beberapa senior HMI.

To Top