Hendak Melahirkan, Warga Pedalaman Aceh Tengah Dirujuk Menggunakan Mobil Angkut Kerbau

Raja asal Kampung Delung Sekinel, Kecamatan Linge, Aceh Tengah memiliki pengalaman menegangkan saat istrinya, Kasra hendak melahirkan.
Warga Pedalaman Aceh Tengah
Raja memiliki pengalaman menegangkan saat istrinya, Kasra hendak melahirkan. Foto Repro AJNN/Net

Warga Pedalaman Aceh Tengah

ACEHSATU.COM | ACEH TENGAH – Raja asal Kampung Delung Sekinel, Kecamatan Linge, Aceh Tengah memiliki pengalaman menegangkan saat istrinya, Kasra hendak melahirkan.

Tak mau menunggu lama karena ambulans yang tidak standby di Puskesmas setempat, Raja nekat membawa istrinya menggunakan mobil angkutan kerbau.

“Mau gimana lagi, demi keselamat istri dan anak,  saya berinisiatif membawa istri menggunakan mobil angkut kerbau,” kata Raja kepada wartawan di RSUD Datu Beru Takengon.

Kejadian tersebut terjadi, Sabtu (7/5/2021).

Padahal, baru-baru ini Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, sudah menyerahkan satu unit ambulan untuk daerah terpencil tersebut.

Warga Pedalaman Aceh Tengah
Raja memiliki pengalaman menegangkan saat istrinya, Kasra hendak melahirkan. Foto Repro AJNN/Net

Informasi yang dihimpun, saat kejadian itu, ambulan tersebut sedang tidak berada di tempat, sehingga terpaksa membawa istrinya menggunakan mobil angkut kerbau.

Raja mengatakan, istrinya melahirkan dibantu oleh seorang perawat yang juga kakak sepupunya yang sebelumnya bekerja di Puskesmas Pembantu (Pustu) Jamat.

Apalagi selama ini tak ada satupun bidan desa di kawasan tersebut berada di tempat.

Kondisi istrinya mengkhawatirkan, saat melahirkan, plasenta masih lengket di dalam rahim, sehingga harus dibawa ke rumah sakit untuk pertolongan lanjutan.

 “Terpaksa kami bawa pakai mobil angkut kerbau ke Puskesmas Ketapang, untuk kemudian dibawa ke RSUD Datu Beru Takengon,” pungkas Raja. (*)