HEBOH Kiriman Papan Bunga dari Mantan Penjilat: “Juara Termiskin di Sumatera”

Amatan di lokasi, papan bunga berbagai tulisan itu terpasang berjejer di jalan di depan Gubernur Aceh, di Banda Aceh, Rabu (17/2/2021).
Aceh Termiskin di Sumatera
Deretan karangan bunga 'juara termiskin di Sumatera' terpasang di depan kantor Gubernur Aceh. (Agus Setyadi/detikcom)

Aceh Termiskin di Sumatera

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Ada sepuluh papan bunga yang menyindir karena Provinsi Aceh mendapat predikat termiskin di Sumatera.

Papan bunga itu kini jadi viral di media sosial.

Amatan di lokasi, papan bunga berbagai tulisan itu terpasang berjejer di jalan di depan Gubernur Aceh, di Banda Aceh, Rabu (17/2/2021).

Beberapa papan bunga bertulisan ‘Selamat Sukses Kepada Pemerintah Aceh Atas Prestasi Provinsi Termiskin se-Sumatera’. Di bawahnya tertera pengirim ‘rakyat Aceh’.

Ada yang menarik, kiriman dari mantan penjilat yang mencibir predikat tersebut.

‘Selamat Sukses Kepada Gubernur Aceh Yang Telah Berhasil Merebut Kembali Juara Termiskin se-Sumatera’. Di papan bunga lain tertulis ‘Terima Kasih Pak Gubernur Telah Mempersembahkan Juara 1 Termiskin se-Sumatera’ dan pengirimnya tertulis ‘Mantan Penjilat’.

Belum diketahui pemasang sepuluh papan bunga tersebut. Petugas Satpol PP sempat mendatangi lokasi, tapi tak lama kemudian pergi.

Aceh Termiskin di Sumatera
Deretan karangan bunga ‘juara termiskin di Sumatera’ terpasang di depan kantor Gubernur Aceh. (Agus Setyadi/detikcom)

Deretan karangan bunga ‘juara termiskin di Sumatera’ terpasang di depan kantor Gubernur Aceh.

Sejumlah papan nama bertuliskan “Selamat Aceh Provinsi Termiskin” tampak berjejer di depan Kantor Gubernur Aceh, Rabu (17/2/2021).

Amatan ACEHSATU.com sebelumnya, papan nama itu bertuliskan ‘Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas prestasi Provinsi Termiskin di Sumatera.”

Ucapan Selamat itu datang dari Rakyat Miskin, Rakyat Jelata, Awak Becak, Kaum Dhuafa, Muge Eungkot, Mantan Penjilat, Korban Meulisan, Ex Pengsuih, dan Scatter Mania Aceh.

Untuk diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh mencatat penduduk miskin di Tanah Rencong meningkat 19 ribu orang pada September 2020. Secara persentase, angka kemiskinan di Serambi Mekah sebesar 15,43% atau tertinggi di Sumatera.

“September 2019 tahun lalu sebelum terdampak COVID-19, kemiskinan Aceh sebesar 15,01%, kemudian turun pada Maret 2020 (menjadi) sebesar 14,99%, dan September 2020 dengan adanya pandemi COVID-19 tidak hanya di Aceh tapi juga nasional, kemiskinan Aceh meningkat menjadi 15,43%,” kata Kepala BPS Aceh Ihsanurrijal dalam konferensi pers virtual, Senin (15/2).

Bila dilihat dari persentase penduduk miskin menurut provinsi di Pulau Sumatera, Aceh menduduki peringkat pertama. Angka kemiskinan Aceh 15,43%, diikuti Bengkulu 15,30% dan Sumatera Selatan 12,98%.

Angka penduduk miskin di Aceh pada Maret 2020 sebesar 14,99% atau nomor dua di Sumatera. Provinsi dengan angka penduduk miskin tertinggi saat itu adalah Bengkulu, yakni 15,03%. (*)