Hebat! Cuma Sekolah Kelas 3 SD, Montir Ini Ubah Rongsokan dan Mesin Motor Jadi Pesawat Terbang

ACEHSATU.COM – Seorang montir sepeda motor pengangkut gabah menciptakan pesawat dari barang rongsokan dan mesin motor. Pesawat dengan baling-baling di bagian hidung itu sukses mengudara saat diuji coba di Pantai Ujung Tape, Mattirosompe, Pinrang, Sulawesi Selatan.

Menurut laporan CNNIndonesiaTV pada Jumat (17/1), pesawat sempat melakukan dua kali manuver dengan ketinggian kurang dari 20 meter.

Sang montir, Chaerul, diketahui bukan seorang insinyur ataupun ahli penerbangan. Dia merupakan pria yang cuma sekolah sampai kelas 3 SD dan mendapat ‘formula’ pembuatan pesawat setelah belajar otodidak dari internet.

Chaerul mengatakan membuat pesawat sendiri bukan hal mudah. Beberapa kali ia sempat gagal. Ia pun melakukan banyak pembenahan, terutama pada sektor mesin motor yang kini malah bisa digunakan untuk terbang.

“Pembenahan banyak sekali perubahan terutama mesin,” kata Chaerul.

Chaerul belum puas dengan karyanya, dia disebut berencana membuat pesawat berukuran lebih besar yang mampu mengangkut dua penumpang. Agar bisa memenuhi itu dia mengatakan mau menggunakan mesin mobil. (*)