Hati-hati! Ternyata Berbahaya, Motor Ini Terbakar Setelah Disemprot Disinfektan

ACEHSATU.COM – Penyemprotan disinfektan pada kendaraan bermotor jadi hal yang umum dilakukan di masa pandemi virus Corona (COVID-19). Kendati punya manfaat baik untuk membasmi bakteri dan virus, cairan ini ternyata bisa menimbulkan kebakaran di sepeda motor.

Sebuah video viral baru-baru ini merekam kejadian motor terbakar setelah disemprot cairan disinfektan. Peristiwa ini terjadi di Gujarat, India, dan menimpa seorang pegawai pemerintahan.

Kronologinya, pada awalnya pengendara motor tersebut menyetop kendaraannya untuk disemprot disinfektan oleh petugas. Namun saat area bawah motor disemprot dari sisi kanan dan kiri, tiba-tiba api besar muncul membakar motor dan sisa genangan cairan disinfektan yang ada di bawah.

Beruntung si pengendara motor langsung sadar dan menghindari bola api tersebut dengan cepat, sehingga terhindar dari jilatan api yang berisiko membuat luka bakar. Sementara sang petugas juga bergerak cepat dengan memindahkan kedua drum berisi disinfektan agar menjauh dari kobaran api.

Jika dilihat dari peristiwa itu, kemungkinan besar dalam cairan disinfektan tersebut terdapat cairan alkohol yang mudah terbakar. Cairan alkohol disebut mudah terbakar jika terkena panas.

Tak hanya bisa menimbulkan risiko kebakaran, cairan disinfektan juga dikatakan bisa menimbulkan efek waterspot pada bodi kendaraan, sehingga penyemprotan cairan ini baiknya dilakukan sewajarnya, tidak terlalu sering. (*)