Hasil Swab, Seorang Warga Langsa Positif Covid 19, Walikota Minta Warga Jangan Panik

ACEHSATU.COM, LANGSA – Seorang perempuan warga Kota Langsa inisial N (56) dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19.Hal itu berdasarkan hasil uji swab dari Laboratorium Kesehatan Banda Aceh.

Pernyataan itu disampaikan Walikota Langsa yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemko setempat, Usman Abdullah,SE atau akrab disapa Tokee Seum, dalam konfrensi persnya pukul 16.00 WIB di aula Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Pusat Pemerintahan Kota Langsa, Rabu, (1/7/2020).

“N, merupakan warga Kecamatan Langsa Timur, dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, setelah adanya hasil uji swab dari Laboraturium Kesehatan Banda Aceh hari ini,” ungkap Tgk Usman Abdullah.

Menurutnya, meski saat ini satu orang warga kota Langsa telah terpapar Covid 19, namun Pemerintah Kota Langsa menghimbau warganya untuk tidak panik dan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan aktifitas sehari hari terutama dalam kondisi new normal.

Orang nomor satu di Kota Langsa itu juga menegaskan, pemerintah Kota bersama dengan Muspika setempat tetap terus mengawasi dan memantau situasi di tempat domisili pasien termasuk kecamatan Langsa Timur secara keseluruhan.

Menurutnya, langkah ini perlu dilakukan untuk mendeteksi dini, gejala awal yang diakibatkan dari interaksi pasien sebelumnya dengan warga masyarakat sekitar.

Lebih lanjut dikatakan, pihak gugus juga akan menelusuri kasus ini dikarenakan pasien tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah, namun pasien selama ini bekerja sebagai PKL dipajak sayur kota Langsa.

Sementara itu, sebelumnya Kepala RSUD Langsa, dr. Fariani mengatakan, awalnya pasien menderita sakit dan berobat ke Puskesmas Langsa Timur, seiring waktu berjalan pasien mengalami drop dan pada tanggal 27 Juni 2020 di boyong ke UGD Umum RSUD Langsa.

Selanjutnya, tenaga medis di RSUD melakukan pengecekan terhadap gejala Covid- 19 dengan cara melakukan rapid tes, dimana hasilnya pasien masuk dalam golongan PDP, hasil tersebut pasien langsung diisolasi.

Tidak puas sampai disitu, petugas medis juga mengambil sample darah untuk uji Swab dan dibawa ke Laboratorium kesehatan, Banda Aceh.

Setelah beberapa hari di tunggu,  ternyata hasilnya N (56) dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Selanjutnya bagi awak medis Puskesmas Langsa Lama sebanyak 15 orang dan 16 orang medis di RSUD Langsa akan menjalani karantina mandiri dengan pengecekan kesehatan secara intensif. (*)