oleh

Harimau yang Ditangkap di Subulussalam Bernama Dara, Dilepas ke TN Gunung Leuser

ACEHSATU.COM | SUBULUSSALAM  — Seekor harimau betina berusia sekitar 16 bulan dilepas ke Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh.

Satwa dilindungi yang diberi nama Dara tersebut sebelumnya ditangkap di Kecamatan Sultan Daulat, Subulussalam.

“Translokasi harimau Sumatera ini dilakukan setelah melalui proses screening kesehatan dan kelayakan oleh tim medis Satwa BKSDA Aceh didampingi oleh Dokter Hewan dari FKL dan PKSL FKH Unsyiah,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Arianto kepada wartawan, Rabu (11/3/2020).

Harimau tersebut dilepas kembali pada Selasa (10/3) kemarin. Tim gabungan menuju ke lokasi melalui jalur darat dan menyusuri sungai. Lokasi translokasi Dara telah disurvei kelayakan daya dukung habitat untuk harimau tersebut.

Menurut Agus, setelah dilakukan observasi, lokasi Taman Nasional Gunung Leuser dinilai layak untuk melepas Dara. Ketika dilepas, harimau tersebut masih menunjukkan sifat liarnya, dan sangat reaktif. .

“Ini terlihat pada saat pintu kandang dibuka Dara langsung berlari menjauh masuk ke dalam kawasan TNGL,” jelas Agus.

Agus menjelaskan, Dara merupakan satu dari tiga harimau yang terdeteksi berkeliaran di Kecamatan Sultan Daulat, Subulussalam, Aceh. Satu harimau terpantau kamera trap mengalami cidera bagian kaki depan karena terkena jerat.

“Harimau yang cidera cenderung mencari mangsa yang mudah diburu terutama ternak warga, di samping itu lokasi konflik harimau tersebut terisolir di pemukiman dan perkebunan masyarakat. Hal inilah yang menjadi pertimbangan dilakukannya penyelamatan harimau di Desa Singgersing,” sebut Agus.

Seperti diketahui, Satu ekor harimau Sumatera yang berada tidak jauh dari pemukiman masyarakat Subulussalam, Aceh ditangkap. Harimau tersebut masuk ke dalam kandang jebak pada Kamis (5/3). (*)

 

Komentar

Indeks Berita