Harimau Mangsa Ternak Sapi di Aceh Jaya, Warga Resah, Begini Kejadiannya

Harimau mangsa ternak warga Desa Babah Ie, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya
ILUSTRASI - Ternak warga di Aceh Jaya diterkam harimau.

ACEHSATU.COM | CALANG – Seekor sapi milik warga Desa Babah Ie Kecamatan Jaya, Aceh Jaya ditemukan dalam kondisi mati akibat terkaman harimau. Kejadian menghebohkan dan sempat menimbulkan kepanikan warga itu dilaporkan terjadi pada Minggu (16/8/2020) malam.

Peristiwa ini diungkapkan pemilik sapi yang juga Kepala Desa Babah Ie, Ali Basyah.

Dia mengatakan seekor sapi miliknya ditemukan mati akibat serangan harimau.

Menurut Ali, kejadian yang juga pernah terjadi pada tahun lalu.

Saat itu, kata Ali ternak peliharaan para warga di desanya dimangsa satwa buas yang dilindungi tersebut.

“Benar, itu memang sapi saya. Sapi itu mati akibat diterkam oleh harimau dan kejadiannya semalam,” kata  Ali Basyah kepada wartawan, dikutip ACEHSATU.COM, Selasa (18/8/2020).

Dia menyebutkan, kejadian penerkaman sapi itu membuat warga setempat merasa resah. Warga juga terpaksa menghentikan aktifitas malam seperti berkebun dan menjaga tambak terpaksa dihentikan.

Karena menurutnya, pada tahun lalu, hal yang sama juga terjadi terhadap binatang peliharaan warga Desa Babah Ie.

“Tahun lalu juga sudah terjadi dan itu sapi milik adik saya. Sesudah kejadian itu, Kami fikir harimau tersebut sudah kembali ke kawasan hutan gunung geurutee, tapi nyatanya masih berada di seputaran Desa,” terang Ali Basyah

Dirinya menuturkan, saat ini warga setempat yang beraktifitas pada malam hari memilih berhenti guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Warga di sini melakukan aktifitas malam di kawasan tersebut, seperti berkebun, menjaga tambak. Kini mereka trauma dan sudah tidak beraktifitas,” sebut Ali Basyah

Karenanya, Ali Basyah berharap kepada dinas terkait agar segera menanggulangi persoalan harimau tersebut.

Hal itu menurutnya penting sesegera mungkin dilakukan agar warga di desanya bisa kembali nyaman beraktifitas seperti sedia kala. (*)