Internasional

Hari ini, Lebih dari 2 Juta Jamaah Haji Selesai Melakukan Ibadah Haji 2017

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari pihak yang berwenang Pemerintahan Arab Saudi, Menteri Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi Dr Awwad Alawwad mengungkapkan jumlah hamaah haji yang melakukan perjalanan ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji tahun ini secara keseluruhan mencapai 2.352.122 jamaah.

Acehsatu.com | Cognito Communications Counsellors | Dewvina Oktora (DIU)

ACEHSATU.COM | ARAB SAUDI – Lebih dari 2,35 juta jamaah haji telah menyelesaikan ibadah haji tahun ini memenuhi kewajiban panggilan Allah SWT dalam semangat perdamaian dan persatuan di kota suci umat Islam, Mekkah, Selasa (05/09/2017).

Arab Saudi telah menyambut jamaah haji dari seluruh dunia untuk melakukan ibadah haji yang merupakan satu dari lima rukun Islam.Pelaksanaannya berlangsung selama lima hari yang dilakukan oleh jamaah dari belasan Negara. Mereka berkumpul dalam rangkaian ibadah yang merupakan puncak kehidupan spiritual seorang muslim.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari pihak yang berwenang Pemerintahan Arab Saudi melalui Menteri Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi Dr Awwad Alawwad mengungkapkan jumlah hamaah haji yang melakukan perjalanan ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji tahun ini secara keseluruhan mencapai 2.352.122 jamaah.

Dr Awwad Alawwad merincikan, sejumlah 1,75 juta jamaah diantaranya berasal dari luar Arab Saudi dan lebih dari 1 juta jamaah berasal dari Asia serta hampir 400.000 jamaah datang dari luar negara yang tidak tergabung dalam kelompok Gulf Cooperation Council (GCC) diantaranya Saudi Arabia, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain dan Oman.

Selain itu lanjutnya, sekitar 200.000 jamaah berasal dari negara-negara Afrika. Hampir 100.000 jemaah berasal dari Eropa, sementara Amerika Serikat dan Australia masing-masing sekitar 25.000 jamaah dan hampir 33.000 jamaah berasal dari negara-negara yang tergabung dalam GCC.

“Menyambut para jamaah haji dari seluruh dunia merupakan kehormatan dan kewajiban yang diterima Arab Saudi di bawah naungan dan bimbingan langsung dari Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammad bin Salman.

“Kami melakukan segala upaya dan menyediakan sejumlah anggaran untuk memastikan bahwa para jemaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan damai dan khidmat,” kata Menteri Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi Dr Awwad Alawwad.

Ia juga memaparkan, segala fasilitas yang mereka siapkan termasuk menyediakan penginapan bagi jemaah di Mina dan menyediakan tenaga-tenaga medis yang ditempatkan di fasilitas kesehatan serta menyediakan gelang berisi informasi bagi para jemaah haji,

“Kami melakukan semua yang kami bisa untuk mengurus jemaah yang datang ke Mekah untuk melaksanakan ibadah haji. Kami secara berkesinambungan dan konsisten melakukan perbaikan agar pelaksanaan ibadah haji setiap tahunnya menjadi lebih baik lagi”, ujar Dr Alawwad.

To Top