Harga Tiket Jakarta-Aceh Rp 9,6 Juta, Ini Jawaban Pakar Penerbangan

Pakar penerbangan dan transportasi Alvin Lie mengungkap sejumlah problem dunia penerbangan saat ini.
Harga tiket pesawat dari jakarta
Alvin Lie (Eva Safitri/detikcom)

ACEHSATU.COM | JAKARTA – Harga tiket pesawat dari Jakarta tujuan Banda Aceh mencapai Rp 9,6 juta selama mudik. Pakar penerbangan dan transportasi Alvin Lie mengungkap sejumlah problem dunia penerbangan saat ini.

“Harga Rp 9,6 juta one way kemungkinan besar untuk penerbangan transfer, bukan direct. Entah mampir di berapa bandara dan ganti berapa penerbangan. Kemungkinan juga melibatkan business class pada sektor penerbangan tertentu,” kata Alvin Lie kepada wartawan, Jumat (29/4/2022).

“Walau dengan fuel surcharge, harga tiket tidak akan naik setinggi itu,” imbuhnya.

Mantan anggota Ombudsman RI ini menilai kapasitas pesawat menjadi salah satu problem dunia penerbangan dalam negeri. Perlu waktu untuk ‘membangkitkan’ sejumlah pesawat dan pilot.

“Masalah kita saat ini adalah masih rendahnya kapasitas angkut maskapai-maskapai penerbangan karena masih banyak pesawat yang diistirahatkan dan banyak pilot yang sudah lama dirumahkan. Butuh waktu untuk reaktivasi pesawat dan pilot,” ujarnya.

Masa mudik Lebaran pun, menurut Alvin, belum tentu meningkatkan keuangan maskapai. Sedangkan pengeluaran mengalami peningkatan.

“Di sisi lain, ada risiko jumlah pax (penumpang) merosot lagi setelah masa mudik-balik, sedangkan kondisi keuangan airlines masih lemah, belum mampu menanggung beban fixed cost peningkatan kapasitas angkut,” imbuhnya.

Harga tiket pesawat dari Jakarta tujuan Banda Aceh diketahui mencapai Rp 9,6 juta selama mudik. Harga tiket itu tertera di dalam sejumlah situs penjualan tiket.

Dilihat dari situs Traveloka, Rabu (27/4), harga tiket pesawat dari Jakarta tujuan Banda Aceh pada Kamis-Jumat (28-29/4) mencapai Rp 9,6 juta. Penerbangan pada tanggal itu tidak langsung ke Aceh, tetapi transit dulu di Bandara Kualanamu di Deli Serdang.

Masalah mahalnya tiket pesawat pernah disinggung anggota DPR Aceh Darwati A Gani dalam rapat paripurna yang digelar di DPR Aceh, Selasa (12/4) malam.

Dalam rapat yang dipimpin Pelaksana Tugas Ketua DPR Aceh Safaruddin serta dihadiri Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan sejumlah anggota Dewan itu, Darwati mengeluhkan mahalnya tiket pesawat ke Aceh.

“Masyarakat sangat merasa tidak nyaman dengan biaya transportasi dari Aceh ke Medan maupun dari Medan ke Aceh. Biaya terlalu tinggi sampai Rp 1,4 juta sekali terbang,” kata Darwati mengawali interupsinya. (*)