Harga TBS Anjlok, Petani Sawit di Aceh Timur Resah

0
1

ACEHSATU.COM | ACEH TIMUR – Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Aceh Timur tidak kunjung membaik selama dua bulan terakhir ini.

Saat ini, harga TBS merosot hingga Rp 550 per kilogram. Harga tersebut sangat murah dibandingkan sebelumnya mencapai Rp 1.200 per kilogramnya.

Kondisi tersebut membuat sejumlah petani resah.

 

Saifuddin (50) yang biasa disapa (Tgk Bale) salah seorang petani sawit asal Kecamatan Simpang Ulim mengatakan, turunnya harga sawit membuat dirinya resah. Harga TBS saat ini sangat jauh dari harapan warga.

“Bagaimana tidak resah kalau harganya Rp 550- Rp 600 perkilogramnya. Tidak sebanding dengan harga pupuk dan biaya pekerja,” katanya saat dikonfirmasi wawancara ACEHSATU.con, Senin (17/06/2019).

Ditambahkan dia, potesi pertanian sawit di kawasan tersebut sangatlah besar. Dalam setiap tandan sawit ada yang mencapai berat 50 kg. Jika harga sawit saat ini sangat murah. Harga tersebut tidak sebanding dengan biaya yang dibutuhkan petani hingga panen.

“Selain harga murah, belum lagi biaya pengangkutan tandan buah sawit untuk di jual ke gudang penampungan sawit,” Ungkap Tgk Bale.

Dengan kondisi tersebut, ia mengharapkan tindakan dan solusi yang diambil Pemkab Aceh Timur untuk mengatasi kondisi tersebut.

“Bagaimana petani bisa sejahtera jika harga jual komoditas yang mereka hasilkan tidak sebanding dengan biaya produksi yang dikeluarkan” Ujarnya.

Ia berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan petani sawit yang tersebar di Kabupaten Aceh Timur.

“Kalau dari pemerintah tidak ada perhatian dan kepedulian sama sekali terhadap petani sawit ini. Padahal potensi pertanian sawit sangatlah besar,” Tutup Saifuddin alias Tgk Bale. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here