Lhokseumawe

Harga Ikan Segar Melorot di Lhokseumawe

ILUSTRASI | NET

ILUSTRASI | NET

ACEHSATU.COM, LHOKSEUMAWE – Harga ikan segar di sejumlah pasar, di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, turun dratis hingga pada level terendah di awal 2016 ini.

Turunnya harga ikan segar tersebut, sebagaimana diungkapkan oleh pedagang ikan di pasar Lhokseumawe, Zakari, Selasa, mengatakan sudah terjadi dalam sepekan terakhir secara bertahap.

Selain dipengaruhi oleh melimpahnya pasokan juga dipengaruhi oleh daya beli masyarakat.

Ia mengaku, jenis ikan segar yang paling dominan mengalami anjlok adalah Ikan Tongkol. Sepekan lalu harganya masih Rp20 ribu per kilogram, secara bertahap harganya semakin anjlok hingga Rp6.000 per kilogram.

Ia menambahkan, dengan anjloknya harga ikan tongkol, juga ikut mempengaruhi harga jenis ikan segar lainnya seperti kembung, dencis, serta beberapa jenis ikan konsumsi umum lainnya.

Hanya beberapa jenis ikan berkualitas yang masih bertahan harganya, ujarnya.

Ia menyebut anjloknya harga ikan jenis tongkol, disebabkan oleh banyaknya pasokan ikan segar jenis tersebut, yang  dipengaruhi oleh banyaknya hasil tangkapan nelayan.

“Sekarang sedang musim ikan tongkol, banyak tangkapan nelayan terhadap jenis ikan tersebut. Ikan-ikan ini juga berasal dari tangkapan nelayan yang ada di Lhokseumawe dan sekitarnya,” katanya.

Ia menambahkan, jika tak terserap pasar maka komoditas itu akan diolah jadi ikan kayu olahan yang biasa disebut “Keumamah”.(ANTARA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top