Hanyut Diterjang Banjir, BPBD Bireuen Segera Bangun Kembali Jembatan Blang Mane Tembus Krueng Simpo

Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan segera membangun kembali satu unit jembatan darurat di Gampong Blang Mane Tembus Krueng Simpo untuk melancarkan akses jalan bagi masyarakat.
BPBD Bireuen Segera Bangun Kembali Jembatan Blang Mane Tembus Krueng Simpo
Perangkat Gampong, Babinsa dan tim BPBD melihat jembatan darurat di jalan Blang Mane putus hanyut dihantam banjir luapan, Sabtu (14/11/2020) pagi. (Foto. Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan segera membangun kembali satu unit jembatan darurat di Gampong Blang Mane Tembus Krueng Simpo untuk melancarkan kembali akses jalan bagi masyarakat pasca diterjang banjir.

Jembatan tersebut putus dan hanyut diterjang banjir luapan pada Jumat (13/11/2020) malam.

Seperti diketahui lokasi jembatan darurat dibangun warga itu berada dijalan utama yang menghubungkan dua kecamatan yakni Dusun Buket Ceudah, Gampong Blang Mane Kecamatan Peusangan Selatan tembus Krueng Simpo, Kecamatan Juli.

Kepala Pelaksana BPBD Bireuen, Teguh Mandiri Putra S.STP yang dikonfirmasi ACEHSAT.COM, Senin (16/11/2020) pagi terkait penanganan jembatan telah putus dampak banjir luapan itu dan timnya telah turun bersama perangkat gampong ke lokasi, Sabtu (14/11/2020) mengatakan.

“Jembatan putus akibat banjir itu segera kita bangun kembali dan saat ini masih proses surat keterangan (SK) penetapan tanggap darurat, selesai ini kita lakukan pembangun jembatannya,” sebutnya.

Perbaikan kerusakan jembatan darurat itu, perlu kita tangani segera dikarenakan jalur akses utama bagi masyarakat menuju ke lahan kebun. Selesai dibangun jembatan tanggap darurat aktifitas masyarakat kita harap kembali berjalan lancar, ujar Teguh Mandiri Putra.

Seperti diberitakan sebelumnya, Akses jalan dari Blang Mane, Kecamatan Peusangan Selatan tembus Krueng Simpo, Kecamatan Juli dan jalan Bireuen-Takengon, telah putus akibat kayu lantai jembatan darurat dibangun warga, lepas dari dudukannya dihantam luapan banjir.

Lokasi jembatan darurat seluas 4×6 meter hanyut dan jatuh ke dalam alur sungai diterjang banjir dampak hujan deras Jumat (13/11/2020) malam itu, persisnya berada di Dusun Buket Ceudah, Desa Blang Mane.

Hal itu disampaikan Sekdes Blang Mane Muhammad (38) dan Kadus Alue Punti Syahrul (42) serta Kadus Buket Ceudah Rusli Muhammad (45) juga Babinsa Blang Mane Serda Isman, bersama tim BPBD di lokasi, Sabtu (14/11/2020) pagi.

Perangkat gampong itu mengharapkan, untuk melancarkan kembali akses jalan bagi masyarakat setiap hari menuju ke kebun di wilayah itu dan juga melalui jalur alternatif ke Krueng Simpo, jembatan itu dapat segera diperbaiki.

“Kami berharap kepada Pemkab Bireuen, jembatan ini berada di jalan penghubung dua kecamatan, dapat dibangun jembatan permanen, sehingga akses jalan semakin bertambah lancar dan jarak tempuk ke Krueng Simpo sangat dekat sekitar 5 Km dari Blang Mane,” jelasnya.

Wadan TRC Regu A, Haryanto SE, Dan Pusdalops, M Rakjab SE di lokasi ditanyai Acehsatu.Com mengatakan, kerusakan dampak banjir itu segera dilapor kepada Kalaksa BPBD Bireuen, Teguh Mandiri Putra S.STP, untuk penanganannya. (*)

Perangkat Gampong, Babinsa dan tim BPBD melihat jembatan darurat di jalan Blang Mane putus hanyut dihantam banjir luapan, Sabtu (14/11/2020) pagi. (Foto. Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).