oleh

Hamzah, Mahasiswa Kreatif Penghafal Al-Qur’an

Laporan: Dhea Kharisna

ACEHSATU.COM – Sebagian umat Islam menganggap menghafal Al-Qur’an merupakan hal yang sulit. Apalagi dengan berbagai macam kesibukan pada zaman milenial seperti sekarang. Banyaknya aktivitas seakan menghalangi waktu untuk membaca dan menghafal Al-Qur’an, karena orang-orang lebih memilih melakukan kegiatan hobinya.

Seuatu karya dan hobi seharusnya tidak membatasi kita sebagai umat Islam untuk menghafal Al-Qur’an, banyak cara yang dapat kita lakukan untuk bisa menghafalnya.

Seperti halnya Hamzah Faturrahman, biasa disebut Hamzah Aceh, seorang mahasiswa dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Ia merupakan seseorang yang menyukai parkour, videografi, dan seni peran.

Akan tetapi, dibalik kesibukan dan hobinya itu ia juga merupakan seorang hafidz yang sudah mampu menghafal 18 juz Al-Qur’an.

“Kesibukan tidak menghalangi kita untuk menghafal Al-Qur’an, biasanya saya menghafal pada saat selesai shubuh dan waktu dhuha kak, setelah itu baru beraktifitas yang lain,” ujarnya.

Menurutnya, menghafal Al-Qur’an merupakan suatu keindahan yang diinginkan oleh banyak orang. Namun, banyak juga yang masih berfikir dua kali karena menganggap itu hal yang sulit dilakukan, mengingat segala kesibukan aktivitas setiap orang.

Nah, karena itu Hamzah memberikan beberapa tips untuk menghafal Al-Qur’an dengan mudah dan cepat di era seperti sekarang ini.

1. Luruskan Niat Karena Allah dan Lakukan Dengan Sungguh

Dalam melakukan segala sesuatu yang baik haruslah diniatkan semata hanya karena Allah SWT. Jika kita melakukannya hanya untuk mengharapkan keridhaan Allah SWT, InsyaAllah menghafal Al-Qur’an terasa lebih mudah, jangan pernah riya hanya untuk mengharapkan pujian dari manusia atas apa yang dilakukan.

Selain itu, lakukanlah dengan kesungguhan dari hati. Dengan kesungguhan maka rasa jenuh, lelah, dan bosan saat menghafal bisa teratasi karena niat yang ada.

 

2. Mengatur Waktu Serta Target dalam Menghafal Al-Qur’an

Pada zaman sekarang, mengatur waktu sangatlah penting, apalagi yang kita bahas adalah bagaimana Al-Qur’an tidak akan menghalangi hobimu. Maka untuk itu, aturlah waktumu dalam menghafal Al-Quran, kita bisa menghafal Al-Qur’an di pagi hari selepas shubuh hingga menjelang waktu dhuha, dimana itu merupakan waktu yang sangat baik untuk menghafal.

Dalam menghafal Al-Qur’an kita juga harus mempunyai target, mulailah dari target yang kecil seperti menghafal satu ayat perhari, akan tetapi harus rutin dilakukan.

Karena untuk pemula tidak perlu buru-buru melakukan sesuatu. Beradaptasilah dulu dengan hal baru yang kita tekuni. Ketika mulai terbiasa, mulailah menaikkan target sedikit demi sedikit.

 

3. Pilihlah Tempat Yang Tenang Untuk Menghafal Al-Qur’an

Tidak bisa dipungkiri bahwa pemilihan tempat untuk menghafal dapat mempengaruhi mudah atau tidaknya hafalan dapat di terima. Oleh karena itu, pilihlah tempat yang menurutmu mudah untuk menghafal, seperti di masjid, kamar pribadi, dan juga alam terbuka. Dengan demikian, hafalanmu akan lebih mudah masuk dalam ingatan, karena kita berada di tempat yang tidak bising dan sangat menenangkan.

 

4. Pahami Arti dan Makna Dari Hafalan

Menghafal Al-Qur’an sebaiknya juga memahami makna dan arti dari setiap ayat yang dihafal, karena dengan memahami arti, hafalan akan lebih mudah diterima dan diingat. Oleh karena itu, di saat sedang membaca dan menghafal Al-Qur’an, bacalah juga terjemahan dan pahami maknanya. Memahami makna dapat membuat lebih dekat dan akrab dengan Al-Qur’an. Karena dengan hal itu kita dapat mengetahui betapa indahnya Al-Qur’an dengan setiap katanya.

 

5. Jangan Lupa Untuk Mengulang Hafalan (Muraja’ah)

Mengulang hafalan adalah hal yang sangat penting. Semakin sering mengulangi hafalan, maka akan lebih rekat ayat tersebut menempel dalam ingatan. Jangan sampai karena merasa sudah hafal hingga kita tidak pernah melakukan muraja’ah. Hal ini dapat membuat semua hafalan hilang begitu saja.

Itulah beberapa tips mudah untuk pemula dalam menghafal Al-Qur’an. Ingatlah, sudah seharusnya kita sebagai umat muslim dekat dan akrab dengan Al-Qur’an. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan. Jadi, marilah tingkatkan hafalannya. Ingatlah, Jika kamu seorang hafidz/ah Al-Qur’an, maka Allah akan memberikan mahkota cahaya kepada kedua orang tuamu di hari akhirat nanti.

Komentar

Indeks Berita