Hakim Vonis CEO Elhanief Tour and Travel Dua Tahun

rumah wartawan dibakar
Pengacara Erlizar Rusli, SH,MH

Hakim Vonis CEO Elhanief Tour and Travel  Dua Tahun

ACEHSATU.COM [ ACEH TENGAH – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Takengon memvonis Boss Elhanief Tour & Travel, Akmal Hanif dua tahun penjara dalam sidang lanjutan terkait kasus dugaan penipuan dan penggelapan uang jamaah umrah. Senin (14/6/2021)

Putusan dibacakan Majelis Hakim dipimpin Hakim Ketua yang juga merupakan Ketua Pengadilan Negeri Takengon, Endi Nurindra Putra, SH MH setelah  mejelis hakim menskor sidang selama 1 jam 30 menit kemudian langsung memutuskan vonis.

Dalam sidang tersebut,  Akmal Hanif didampingi Tim Penasehat Hukum, Erlizar, SH, MH, M. Arief Hamdani, SH, C.L.A, Rizal Saputra, SH dan juga Andi Suhanda, SH.

Tim Kuasa hukum terdakwa Akmal Hanif melalui Erlizar Rusli, SH, MH kepada acehsatu.com, Senin (14/6/2021) mengatakan, sebelum hakim membacakan putusan vonis terhadap Boss Elhanief Tour & Travel pihaknya sebagai kuasa hukum  telah mengajukan pledoi (nota pembelaan) keberatan atas tuntutan JPU terhadap terdakwa Akmal Hanif (AH)

Elhanief Tour & Travel

“Pernyataan terbukti secara sah meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pasal 378 KUHPidana Jo.pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana, dengan pidana penjara selama 3 tahun, belum dapat dibuktikan karena belum cukup unsurnya”,  ujar pengacara Erlizar

Ditambahkan rekannya, Rizal Saputra SH, setelah tim kuasa hukum menelaah lebih dalam delik hukumnya, kasus ini belum dapat dikategorikan kasus penipuan pasal 378 seperti yang JPU tuntutkan, karena semua jama’ah bukan tidak diberangkatkan namun tertunda keberangkatanya karena kondisi wabah Covid 19.

“Uang itu bukan dipakai untuk memperkaya dirinya melainkan hanya untuk melakukan  keberangkatan jamaah umrah sebelumnya dengan kata lain subsidi silang, oleh karena itu, Akmal Hanif beserta manajemen tour n travel meminta penangguhan waktu untuk memberangkatkan jamaah umrah yang belum diberangkatkan April dan Desember tahun 2019 lalu serta memohon waktu kepada agen-agen elhanief tour n travel yang telah menalangi biaya keberangkatan jama’ah yang belum diberangkatkan”, tambah kuasa hukum lainnya, M.Arief Hamdani, SH, CLA

Dijelaskan kuasa hukum, Andi Suhanda, SH, Akmal Hanif berniat dan sangat beritikat baik akan tetap menyelesaikan semua permasalahan yang masih belum terselesaikan kepada agen-agen Elhanief Tour n Travel dibeberapa daerah, hanya saja butuh waktu dan harap bersabar.

Terkait Vonis hakim Akmal Hanif mengaku ikhlas menjalani putusan tersebut. “Saya tetap menghormati keputusan sidang, terkait masalah banding atau tidak Akmal mengaku untuk bermusyawarah lagi dengan penasehat hukum apakah akan mengajukan banding atau tidak karena mwaktu yang diberikan tujuh hari (*)