Gubernur Aceh Surati Presiden Jokowi Terkait Harga Tiket Pesawat Jakarta-Aceh Rp9,6 Juta

Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait hal itu.
harga tiket pesawat
Ilustrasi pesawat (Foto: Syanti/detikcom)

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Harga tiket pesawat dari Jakarta tujuan Banda Aceh mencapai Rp 9,6 juta selama masa mudik. Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait hal itu.

“Gubernur Aceh Nova Iriansyah telah menyurati pihak maskapai, Kemenhub hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat itu dilayangkan pada 11 dan 14 April,” kata Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA mengutip detikSumut, Kamis (28/4/2022).

“Selain intervensi kementerian terkait lonjakan harga, hal terpenting lainnya adalah sesegera mungkin adanya penambahan maskapai yang beroperasi di Aceh,” sambung Muhammad.

Selain itu Muhammad menilai melonjaknya harga tiket disebabkan pesawat ke Tanah Rencong terbatas. “Terkait lonjakan harga tiket pesawat dari hasil penelusuran kita akibat hukum pasar. Hal ini disebabkan terbatasnya seat pesawat sedangkan permintaan meningkat,” terangnya.

Muhammad mengatakan, jumlah penumpang yang berangkat ke Aceh sudah mulai ramai tapi pesawat yang beroperasi masih seperti saat pandemi COVID-19.

“Hal ini terjadi tidak terlepas dari kembali normalnya dunia penerbangan namun maskapai yang beroperasi masih seperti masa pandemi COVID-19,” jelasnya.

Muhammad mengaku telah memperoleh informasi dari Kementerian Perhubungan terkait penyebab kenaikan tiket pesawat. Salah satunya dipengaruhi harga avtur.

“Selain lonjakan penumpang jelang lebaran, harga avtur pesawat juga berdampak terhadap kenaikan harga tiket penumpang,” ujarnya.

Sebelumnya, harga tiket pesawat dari Jakarta tujuan Banda Aceh mencapai Rp 9,6 juta selama mudik.

Harga itu tertera di dalam sejumlah situs penjualan tiket.

Dilihat dari situs Traveloka, Rabu (27/4), harga tiket pesawat dari Banda Aceh tujuan Banda Aceh pada Kamis-Jumat (28-29/4) mencapai Rp 9,6 juta.

Penerbangan di tanggal itu tidak langsung ke Aceh tapi transit dulu di Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara.

Pada tanggal tersebut, hanya tersedia tiket penerbangan Batik Air dari Jakarta tujuan Medan.

Setelah transit di Medan, penumpang kemudian terbang ke Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar dengan menggunakan pesawat Wings Air.

Jadwal penerbangan dari Jakarta mulai pukul 06.00 WIB pagi dan tiba di Aceh sekitar pukul 11.00 WIB. Pilihan selanjutnya berangkat dari Jakarta pukul 06.00 WIB dan tiba di Tanah Rencong sekitar pukul 15.30 WIB.

Harga tiket untuk penerbangan tersebut adalah 9.698.700 per penumpang. Itu harga tiket untuk kelas ekonomi.

Untuk penerbangan pada Sabtu (30/4), tiket pesawat Jakarta-Aceh paling murah Rp6,7 juta serta paling mahal Rp9,6 juta. Pada Minggu (1/5) harga tiket pesawat dibanderol Rp 3,3 juta hingga Rp 6,7 juta. (*)