Nagan Raya

Geuchik Diminta Berhati-hati Gunakan Dana Desa

Laporan Edi Sofyan

ACEHSATU.COM, Suka Makmue – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Nagan Raya H Effendi SE mengingatkan para Geuchik agar lebih berhati-hati dalam penggunaan dana desa.

“Tahun ini geuchik harus lebih berhati-hati dalam penggunaan dana desa. Jangan ada geuchik yang menyalahgunakankan dana desa atau tidak tepat sasaran karena bisa menjadi masalah bagi geuchik pribadi dan desa secara umum,” ujarnya saat membuka kegiatan Sosialisasi Dana Desa 2016 di Gedung Serbaguna Balai Duek Pakat Kecamatan Seunagan, Nagan Raya, Sabtu (13/02/2016).

Dia mengatakan, pada tahun 2016 ini setiap gampong di Nagan Raya akan memperoleh dana desa berjumlah sekitar Rp800 juta guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sebagai penunjangnya, pemerintah telah menetapkan pendamping lokal desa dengan ruang lingkup kerja meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.

Sedangkan proses pencairan dana desa tahun 2016 yang bersumber dari APBN, APBA dan APBK Nagan Raya, jelas Effendi, akan dilakukan setelah pelaksanaan Musrenbang dan pertanggungjawaban dana desa tahun 2015 selesai dibahas.

Sementara itu, Bupati Nagan Raya dalam sambutannya diwakili Kepala BAPPEDA TR Keumangan SH MH mengatakan pemerintah Kabupaten Nagan Raya sudah menetapkan regulasi terkait penggunaan dana desa yang bersumber dari APBK.

“Bupati sudah mengeluarkan Perbub tentang itu. Mulai 2016 semua gaji aparatur gampong Kabupaten Nagan Raya naik. Dan pengambilan gaji di gampong masing-masing tidak lagi di kantor camat,” terangnya.

Agar pelaksanaan program desa dapat dipertanggungjawabkan secara tepat, terukur, dan transparan, Pemkab Nagan Raya akan melaksanakan program pelatihan khusus bagi bendahara gampong. Pelatihan tersebut juga bertujuan meningkatkan kemampuan aparatur gampong dalam pengelolaan dana desa. “Agar lebih mudah dalam mempertanggungjawabkan dana desa yang cukup besar ke depan,” katanya.

Kegiatan yang dihadiri para aparatur gampong mulai dari Geuchik, Sekdes, Bendahara, Ketua LPMG, Tenaga Pendamping Lokal Desa, Tuha Peut dan Imum Mukim Gampong se Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya itu merupakan agenda rutin tahunan BPM Kabupaten Nagan Raya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top