Gerpa Adventure Hadir di Takengon, Ini Tarif Arung Jeuramnya

Untuk harga kita masih berikan promo dan bonus penambahan jalur, karena kita baru buka. Untuk jalur family sekarang Rp60.000,- per orang (Non promo Rp70.000,-) dan untuk jalur semi ekstrem Rp100.000,- per orang (Non promo Rp130.000,-). Satu boat bisa muat 6 orang,

ACEHSATU.COM | ACEH TENGAH – Pilihan destinasi wisata di Kabupaten Aceh Tengah kembali bertambah, salah satunya adalah wahana baru untuk menjajal aliran hulu Sungai Peusangan dengan berarung jeram ria di daerah berhawa sejuk ini.

Arung Jeram Gerpa Adventure, hari ini resmi diluncurkan dan dibuka untuk umum.

Objek wisata satu ini berada di kawasan Kampung Jurusen, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. Jaraknya hanya sekira lima menit perjalanan saja dari pusat kota Takengon. 

Pengelola wisata ini Joni Wahyuna alias Piton mengatakan Arung Jeram Gerpa Adventure hadir untuk memberikan suasana baru dan pengalaman lebih menantang bagi para penggemar olahraga wisata semi ekstrem tersebut.

Mengingat wisata arung jeram selama ini merupakan salah satu destinasi paling favorit bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke Aceh Tengah.

Hari ini kita sudah buka untuk umum. Untuk lokasi kita sangat strategis, ini memang merupakan kawasan pengembangan sport tourism yang ditetapkan oleh Pemkab Aceh Tengah. Lokasi ini juga digunakan untuk pembukaan Pra Pora Arung Jeram tahun lalu,” kata Joni Wahyuna, Minggu.

Dia menuturkan Arung Jeram Gerpa Adventure ini dikelola secara bersama oleh komunitas pemuda pecinta alam dan lingkungan di Kabupaten Aceh Tengah.

Saat ini kata dia sudah ada sebanyak lima perahu karet yang dapat digunakan untuk melayani pengunjung.

“Untuk harga kita masih berikan promo dan bonus penambahan jalur, karena kita baru buka. Untuk jalur family sekarang Rp60.000,- per orang (Non promo Rp70.000,-) dan untuk jalur semi ekstrem Rp100.000,- per orang (Non promo Rp130.000,-). Satu boat bisa muat 6 orang,” sebut Joni.

Dia menjelaskan jalur family merupakan jalur landai, diperuntukan bagi pengunjung yang ingin mencoba arung jeram bersama keluarga dan membawa anak-anak.

Pada jalur ini pengunjung dapat menikmati sensasi berarung jeram ria bersama keluarga dengan jarak tempuh perjalanan sepanjang 5 kilometer.

Sedangkan untuk jalur semi ekstrem dikhususkan hanya bagi orang dewasa. Pada jalur ini sensasi berarung jeram akan lebih menantang adrenaline dengan melewati titik-titik jeram sungai yang berarus deras dan menempuh jarak lebih jauh yaitu sepanjang 10 kilometer.

Sepanjang perjalanan pengunjung juga dimanjakan pemandangan panorama alam asri dan berhawa sejuk khas kawasan pegunungan.

Pengunjung juga dapat menyaksikan hamparan persawahan warga dari atas boat, melintasi pinggiran perkebunan kopi arabica Gayo, dan menghirup udara segar nan sejuk khas Dataran Tinggi Gayo.

Lokasi utama objek wisata ini juga tak kalah indahnya. Berada di tepi perkampungan dengan panorama alam hijau. Juga ada beberapa kolam ikan untuk memanjakan mata. 

Fasilitas lainnya adalah gerai coffee shop di salah satu sudut lokasi. Ini tentunya untuk memanjakan para pecinta dan penikmat kopi kualitas terbaik nomor satu dunia, yaitu kopi arabica Gayo.

“Alhamdulillah pengunjung langsung ramai, untuk hari pertama ini kita ada sebanyak 130 orang yang sudah boking, dari berbagai daerah. Ada rombongan dari Pidie Jaya dan Banda Aceh,” tutur Joni.