Gerayangi Dua Balita, Kakek Cabul di Aceh Besar Ini Terancam 20 Tahun Penjara

Gerayangi Dua Balita, Kakek Cabul di Aceh Besar Terancam 20 Tahun Penjara

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Seorang kakek berinisial Dar alias YL (49) harus berurusan dengan aparat kepolisian.

Pasalnya, pria berprofesi sebagai buruh tani asal Aceh Besar itu nekat melakukan perbuatan tidak terpuji dengan menggerayangi dua orang balita, MNA (3) dan MJ (2), yang masih kerabatnya sendiri.

Kini sang kakek cabul harus mendekam di tahanan Polresta Banda Aceh dan terancam hukuman 20 tahun penjara.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH dalam keterangannya melalui Kasatreskrim AKP M Taufiq, SIK MH, Rabu (15/7/2020) mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap tersangka sejak ditangkap pada Kamis (2/7/2020) lalu.

“Dari hasil pemeriksaan, keterangan saksi, tersangka mengakui perbuatannya yaitu melakukan pencabulan terhadap dua anak kecil yang merupakan anak dari keluarganya sendiri,” sebut Kasatreskrim didampingi Kanit PPA, Ipda Puti Rahmadiani, STrK.

Dijelaskan, perbuatan Dar alias YL yang mencabuli disertai penganiayaan terhadap anak di bawah umur dijerat menggunakan pasal 82 ayat 1 dan 2 Jo Pasal 80 ayat 1 UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana diubah melalui UU Nomor 35 Tahun 2014 dan UU Nomor 17 tahun 2016 dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

“Namun karena tersangka masih ada kaitan dengan keluarga korban, maka hukumannya dapat ditambah dengan 1/3 dari hukuman pokok,” jelas AKP M Taufiq. (*)