General Aromatics Gandeng Bagehara Kembangkan Potensi Nilam Gayo Lues

Koperasi King bekerjasama dengan PT. General Aromatics yang bergerak di bidang pengembangan minyak Atsiri (Nilam) akan menggalakan potensi tanaman Nilam di Kabupaten Gayo Lues dengan mengajak PT Bagehara sebagai mitra di bidang promosi.
General Aromatics
Foto Ilustrasi. Net

General Aromatics Gandeng Bagehara Kembangkan Potensi Nilam Gayo Lues

Laporan Ismail Baihaqi

ACEHSATU.COM | BLANGKEJEREN — Koperasi King bekerjasama dengan PT. General Aromatics yang bergerak di bidang pengembangan minyak Atsiri (Nilam) akan menggalakan potensi tanaman Nilam di Kabupaten Gayo Lues  dengan mengajak PT Bagehara sebagai mitra di bidang promosi.

Ali Muammar, Direktur PT Bagehara kepada Acehsatu.com Sabtu (3/4/2021) mengatakan, pihaknya menerima kerjasama tersebut dengan baik serta memanfaatkan peluang dan solusi terbaik untuk bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan.

Lebih lanjut, Muammar menjelaskan harga Nilam saat ini menjanjikan serta mengatakan bagi masyarakat yang tidak mau ribet dalam penyulingan (proses mengambil minyak ) Koperasi King juga siap menerima pembelian daun kering jadi ada pilihan untuk masyarakat.

“Untuk kami salah satu pengiat pengusaha muda sangat bersemangat melihat prospek minyak Nilam ke depannya,” katanya.

PT. Bagehara Mitra Group akan mengambil sikap mempromosikan serta sudah menyiapkan lahan yang akan ditanami nilam serta mengajak teman teman pemuda generasi Gayo Lues bahwa nilam peluang yang besar sebagai peningkatan ekonomi masyarakat.

Di samping itu, Ketua Koperasi King, Kasmawati mengatakan, pasar Eropa mengakui kualitas Nilam Gayo Lues sangat bagus, dan mereka memesan agar tidak mencampur dengan minyak nilam dari daerah lain.

Karena minyak Nilam Gayo Lues sudah diakui kualitasnya di Eropa.

Kadar yang dihasilkan nilam Gayo Lues diantaranya  27-30 = 34% skala (T)buku PA. 23-24= skala (R) PA, dan  perusahaan luar sudah mengekspos pasar Nilam Gayo dan menyatakan nilam Gayo Lues yang terbaik.

General Aromatics
Foto Ilustrasi. Net

Lebih lanjut Kasmawati mengatakan di perkiraan saat ini, dalam satu bulan minyak nilam bisa dikumpulkan sekitar 4 ton seluruh gayo lues.

Sebagai imformasi tambahan tanaman nilam bisa tumbuh di atas ketinggian lahan 800 sampai 1.000 di atas meter dari permukaan laut (mdpl), dan untuk Kabupaten Gayo Lues terdapat beberapa wilayah seperti Kecamatan Terangun, Putri betung, Tripejaya dan Kecamatan Pining.

Untuk 1 hektare membutuhkan bibit 32 karung kecil ukuran 3 tem,  serta masa panen 7 sampai 8 bulan dan perkiraan mampu memproduksi minyak sekitar 192 kg.

Harga saat ini sekitar Rp 620 ribu per Kilogram. (*)