oleh

Gempa Tektonik 3,2 Magnitudo Guncang Sabang

Gempa Tektonik 3,2 Magnitudo Guncang Sabang

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Gempa bumi dengan kekuatan 3,2 magnitudo mengguncang Kota Sabang, Aceh. Gempa di hari pertama Idul Adha 1441 Hijriyah itu dilaporkan tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro, kepada wartawan mengatakan gempa tektonik terjadi pada hari ini pukul 13.10 WIB. Getaran yang ditimbulkan gempa dirasakan warga Sabang.

“Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kota Sabang II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang),” kata Djati dalam keterangannya, Jumat (31/7/2020).

Dari hasil pemodelan, lanjut Djati, menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Sementara dilaporkan, pusat gempa berada di koordinat 5,80 Lintang Utara (LU) dan 95,21 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 15 km arah barat daya Kota Sabang. Pusat gempa ada kedalaman 5 km.

Gempa yang terjadi akibat aktifitas segmen sesar Seulimuem. Meski begitu, gempa yang dirasakan warga Sabang disebutkan tergolong sebagai gempa bumi dangkal.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas segmen sesar Seulimeum,” ujarnya.

Pasca gempa hingga pukul 14.50 WIB, BMKG belum memantau munculnya gempa susulan. BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh terhadap berbagai isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(*)

Indeks Berita