Gampong Tanjung Selamat Kenduri Maulid 1443 H dan Santuni Anak Yatim

Warga Gampong Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, sukses menggelar kenduri dan penyantunan anak yatim pada 12 Rabiul awal 1443 H.
Acara Maulid Nabi Muhammad Saw di Gampong Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar,Selasa, 19/10/2021. Foto Ist

ACEHSATU.COM | ACEH BESAR – Warga Gampong Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, sukses menggelar kenduri dan penyantunan anak yatim pada 12 Rabiul awal 1443 H atau bertepatan, Selasa, 19/10/2021. Momentum Maulid Nabi Muhammad Saw menjadi ajang refleksi keteladanan akhlak Rasulullah.

Prosesi maulid yang dipusatkan di halaman Masjid Babul Maghfirah, dan acara makan bersama dihadiri oleh masyarakat dari 16 gampong tetangga yang diundang. Juga, ratusan anak yatim, fakir miskin, dan warga ikut menikmati kebersamaan dan menyantap kenduri maulid.

Keuchik Gampong Tanjung Selamat, Salamun, SH merasa sangat bersyukur karena maulid dapat dilaksanakan dengan baik meskipun ditengah pandemi saat ini. Dengan kerjasama dan bantuan semua warga masyarakat, bersama sama bergotong royong, sehingga berbagai persiapan dapat terselenggarakan.

Pada tahun ini, tambah Salamun, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, warga melakukan swadaya untuk kebutuhan kenduri Maulid, mulai dari persiapan awal hingga selesainya acara pada sore ini (Selasa sore, 19/10/2021).

“Alhamdulillah kita bisa menyiapkan sebanyak 26 kuali gulai sapi/kambing kuah beulangong dan membagikannya kepada setiap warga,” ujar Salamun.

Pada hari ini, “Kita juga mengundang tamu dari desa tetangga sebanyak 16 desa untuk menikmati kenduri maulid,” tambahnya.

Suasana makan bersama warga Gampong Tanjung Selamat saat kenduri maulid nabi Muhammad Saw

Rangkaian memperingati maulid juga ikut menyantuni anak yatim oleh Baitul Mal Gampong Tanjung Selamat bersama BKM Babul Maghfirah, dan pemerintah gampong serta Tuha Peut.

Ketua Baitul Mal Gampong, Drs Tgk H. M. Aji Adam menjelaskan, “program santunan Anak Yatim rutin dilakukan mulai tahun 2015. Setahun ada 4 kali. Bulan Juli 2021 juga baru saja disantuni. Hari ini momentum memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Saw yang Mulia”.

Adapun kedllelapan orang anak yatim yang mendapatkan santunan yakni; Akbar Ramadhan, M.Fauzan, Muhammad Sya’ban, Muhammad Zaky, Aqila Nazira Luthfi, Khalid Fahmi Luthfi, Syifa Nabila Luthfi, dan Ahmad Maulana.

Santunan tersebut secara langsung diserahkan oleh Ketua Tuha Peut, Syamsul Bahri, MA, didampingi oleh Imam Masjid dan Ketua BKM Wirzaini Usman,S.HI. M.I.Kom.

Dalam sambutannya, Ketua BKM Wirzaini Usman, mengucapkan terima kasih banyak kepada donatur yang selama ini telah memberikan sumbangsih yang sangat besar untuk menyantuni anak yatim, begitu pula warga dan Baitul Mal Gampong Tanjung Selamat.

“Kita berharap agar penyantun anak yatim pada setiap memperingati maulid nabi, atau setiap 12 Rabiul awal menjadi program rutin dilakukan. Karena itu semoga masyarakat yang bersedia menjadi orang tua asuh untuk mereka. Kami persilahkan untuk menghubungi Baitul Mal Gampong,” tuturnya. (*).