Gajah Masuk Kampung Warga Negeri Antara Mengungsi, Ini Penyebabnya

Kawat kejut sepanjang 200 meter dicuri oleh orang tak bertanggung jawab, biasanya hanya tiga ekor gajah yang terlihat, dan sejak kawat kejut dicuri kawanan gajah diperkirakan berjumlah 40 ekor kembali masuk ke pemukiman
Rumah Warga Aceh Timur Hancur Dirusak Gajah
Rumah warga roboh diamuk gajah di Desa Bunin Serbajadi—Lokop, Aceh Timur. ANTARA/HO

ACEHSATU.COM [ BENER MERIAH – Puluhan ekor gajah dilaporkan masuk ke pemukiman Kampung Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah menyebabkan 18 rumah warga rusak dan 34 kepala keluarga mengungsi. Senin (29/11/2021) sore

Masuknya puluhan gajah kepmukiman warga itu diduga akibat kawat kejut yang dipasang untuk mengahalangi gajah masuk kampung sepanjang 200 meter dicuri orang yang tak bertanggung jawab.

Kawat kejut sepanjang 200 meter dicuri oleh orang tak bertanggung jawab, biasanya hanya tiga ekor gajah yang terlihat, dan sejak kawat kejut dicuri kawanan gajah diperkirakan berjumlah 40 ekor kembali masuk ke pemukiman,” ujar Kepala BPBD Bener Meriah melalui Kabid Kedaruratan, Anwar Sahdi kepada wartawan kemarin.  

Saat ini aktifitas gajah masih berada di pemukiman warga.

gajah
Ilustrasi : Gajah masuk kampung

Sementara itu, Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto mengatakan, kejadian masuknya gajak kepemukiman warga bukan terjadi saat ini sudah terjadi beberapa hari  namun jumlahnya sedikit namun kali ini jumlahnya bergerombolan sehingga warga menjadi takut.

Sejak masuknya gajah kepemukiman warga pasca dicurinya kabel kejut penghalang gajah, lanjut Agus, pihaknya sudah mencoba mengusir kawanan gajah itu.

Meski demikian, saat ini pihaknya juga sedang melakukan penanganan bersama masyarakat untuk memperbaiki kawat kejut yang rusak. “Karena kemarin gajah tersebut masuk lewat fencing yang sedang kita perbaiki,” pungkas Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto kepada wartawan (*)