Gajah Liar Kembali Ubrak-Abrik Tanaman Pepaya dan Sawit Warga Aceh Jaya

"Kami sangat berharap kepada Pemerintah maupun pihak terkait lainnya untuk mencarikan solusi agar gajah liar tidak kembali masuk pemukiman penduduk dan mengganggu aktivitas petani lagi,”
Gajah Liar Rusak Kebun Warga
Gajah Liar Rusak Kebun Warga

ACEHSATU.COM | Calang – Seekor Gajah liar kembali mengubrak-abrik tanaman pepaya milik warga di Desa Meudhang Ghon, Kecamatan Indra Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.

Muni Amin (52) Pemilik kebun Pepaya mengatakan gajah tersebut telah merusak sekitar satu hektare tanaman papaya miliknya Calang, Minggu (11/09/2022).

“Lebih kurang sekitar 600-700 batang pepaya siap panen habis di rusak gajah, ada yang dimakan, ada yang di injak-injak sampai buahnya berhamburan di kebun,” kata pemilik Kebun, Muni Amin.

Muni Amin menjelaskan dirinya mengalami kerugiannya mencapai puluhan juta karena semua pohon papaya tersebut sudah siap panen.

“Kami sangat berharap kepada Pemerintah maupun pihak terkait lainnya untuk mencarikan solusi agar gajah liar tidak kembali masuk pemukiman penduduk dan mengganggu aktivitas petani lagi,” kata Muni Amin

Sebelumnya pada Jumat (9/9) lalu Warga Desa Kuala, Glee U, Abu Bakar juga melaporkan kalau ada gajah yang masuk ke kebun miliknya dan merusak tanaman sawit miliknya. 

Menurutnya gajah tersebut berasal dari Bak Paoh Kecamatan Jaya yang sempat masuk pemukiman warga, karena ada bekas luka di bagian punggung.

Abu Bakar juga berharap kepada Pemerintah untuk dapat membantu pihaknya mengembalikan satwa dilindungi tersebut ke habitatnya.