Gajah Liar Kembali Mengamuk, Kali ini Dua Ekor Gajah Rusak Kebun Warga di Nagan Raya

Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) kembali masuk kepemukiman warga, kali ini dua ekor gajah mengobrak abrik kebun milik warga di Gampong Tuwi Meuleusong, Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya.
gajah
Ilustrasi : Gajah masuk kampung

ACEHSATU.COM | Nagan Raya,- Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) kembali masuk kepemukiman warga, kali ini dua ekor gajah mengobrak abrik kebun milik warga di Gampong Tuwi Meuleusong, Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya.

Akibat dari kejadian tersebut, sejumlah kebun warga menjadi korban dari hewan yang terancam punah tersebut akibat dirusak dan memakan isi kebun.

Keuchik Gampong Tuwi Meuleusong, Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya Aceh, Afandi kepada wartawan, Jumat 03/12 mengatakan, hingga saat ini tidak ada korban jiwa dari musibah tersebut, namun sejumlah kebun warga hancur dan warga tidak berani kekebun.

Gangguan gajah liar tersebut terjadi pada Jumat 03/12 sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, berdasarkan keterangan dari sejumlah warga, terdapat dua ekor gajah yang merusak kebun yang didalam kebun berisi tanaman pohon pisang dan pinang dan sejumlah tanaman lainnya, setelah memakan sejumlah tanaman di beberapa kebun milik warga gajah tersebut pergi meninggalkan lokasi, ujar Afandi.

Afandi juga mengungkapkan, selama ini sejumlah warga desa sekitar telah berupaya menghalau gajah yang masuk kepemukiman dengan membakar mercon, namun gajah yang dihalau dari satu desa kembali masuk ke desa lainnya dalam satu kawasan.

Agar kasus tersebut tidak terulang, kata Afandi, masyarakat berharap agar pihak terkait segera melakukan penanganan seperti membangun CRU (Conservation Response Unit) di Nagan Raya, pungkasnya.