oleh

Gagasan Tiba-tiba Antisipasi Krisis Pangan Sekda Aceh

-Indeks, Nanggroe-384 views

Gagasan Tiba-tiba Antisipasi Krisis Pangan Sekda Aceh

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, dr Taqwallah, MKes menggagas program untuk mendukung pembangunan ketahanan pangan melalui Gerakan Antisipasi Kerawanan Pangan (GAKPA).

Gagasan yang terkesan muncul tiba-tiba di tengah polemik belum tuntasnya refocusing APBA 2020 itu diutarakan Taqwallah dalam rapat koordinasi ketahanan pangan bersama lintas Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) terkait, Selasa (16/6/2020).

“Gerakan ini harus cepat dilakukan dalam upaya menjaga ketersediaan pangan di Aceh selalu aman dan stabil,” kata Sekda Aceh Taqwallah melalui keterangan tertulis Biro Humas Pemerintah Aceh.

Dijelaskan, gerakan tersebut nantinya akan bersinergi bersama SKPA terkait seperti Dinas Peternakan Aceh, Dinas Pangan Aceh, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, dan Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh.

Taqwallah juga mengajak seluruh elemen masyarakat Aceh agar melakukan beberapa gerakan untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri.

Dengan begitu, kata Taqwallah, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri, sehingga tidak menutup kemungkinan gerakan itu akan berdampak baik pada kemandirian pangan.

“Bagaiamanapun gerakan ini harus sukses dilaksanakan, belajar dari gerakan seribu masker kita, yang berjalan sukses dengan memanfaatkan UKM dan memberdayakan pengrajin disabilitas, seperti itu juga GAKPA ini,” ujar Taqwallah.

Sementara itu, program refocusing APBA 2020 sebesar Rp1,7 triliun sebagai penyesuaian anggaran penanganan virus corona dan dampaknya terhadap perekonomian masyarakat hingga kini belum diketahui progres penyelesaiannya.

Sekda Aceh, Taqwallah yang juga ketua Tim Anggaran Pemerintah Aceh belum juga memberikan keterangan resmi terkait pelaksanaan program refocusing yang disinyalir masih menimbulkan polemik terkait penuntasannya. (*)

Indeks Berita