oleh

Gagal Mudik karena Pandemi, Jangan Lupa Kirim Ucapan Idul Adha Buat Orang Tua, Berikut Contohnya

-Nanggroe-177 views

Gagal Mudik karena Pandemi, Jangan Lupa Kirim Ucapan Idul Adha Buat Orang Tua, Berikut Contohnya

ACEHSATU.COM | BANDA ACEH – Merayakan lebaran terasa kurang sempurna jika tanpa melakukan pulang kampung atau mudik. Seperti hari besar umat Islam lainnya, Idul Adha 2020/1441 H ini tetap identik dengan tradisi mudik demi bisa berkumpul dan bermaaf-maafan bersama keluarga, terlebih orang tua.

Sayangnya, di situasi pandemi COVID-19 yang belum usai mengakibatkan kebiasaan mudik sebagian warga menjadi tertunda.

Namun demikian, sebagai gantinya, anak yang tidak bisa mudik tetap bisa mengirim ucapan Idul Adha pada orang tua atau kerabat yang lain. Ucapan yang bisa disertai doa supaya kesehatan, keselamatan, dan pengampunan dari Allah SWT menyertai semua orang.

Mengirimkan ucapan Idul Adha atau Idul Fitri sebetulnya merupakan kebiasaan umum tiap muslim. Ucapan tersebut biasanya dilakukan usai sholat tanpa disertai kontak fisik untuk menekan risiko penularan virus corona.

“Memberikan ucapan selamat hari raya Idul Adha kepada saudara sesama muslim usai melaksanakan sholat Idul Adha,” kata DR KH M Hamdan Rasyid, MA, dan Saiful Hadi El-Sutha dalam buku berjudul Panduan Muslim Sehari-hari, seperti dikutip dari detikcom, Jumat (31/7/2020).

Bagi anda yang tak bisa mudik, berikut contoh ucapan yang dapat Anda kirimkan kepada orang tua atau keluarga yang lain:

– Selamat Idul Adha 1441 H buat mama papa tercinta. Mohon maaf ananda belum bisa pulang. Semoga hari ini membuat kita makin ikhlas menerima semua cobaan di masa seperti sekarang.

– Mari sambut Idul Adha yang penuh berkah dengan sucikan diri dan damaikan jiwa. Hari Raya penuh hikmah buat mama papa yang di rumah. Mohon maaf lahir dan batin, anandamu.

– Suara takbir bergema mengagungkan kebesaran Allah SWT. Ayah ibu maafkanlah diriku yang kerap berbuat salah dan dosa. Semoga Idul Adha membawa berkah untuk kita semua.

– Bila kata berujung dusta, langkah meninggalkan lara, dan hati penuh dengan prasangka, maka pintu maaf semoga segera terbuka. Selamat Idul Adha untuk ayah dan ibu tercinta.

– Hari raya penuh makna dan kerinduan berkumpul bersama keluarga. Semoga keberkahan selalu menyertai ayah dan ibu. Selamat Idul Adha 2020. Maaf dan sembah sujud maaf ananda.

– Saat terbit matahari, sinarnya menghiasi doa dan harapan. Semoga Allah SWT berkenan memberikan ridhoNya untuk ayah ibu di hari raya. Mohon maaf dari ananda.

– Bunga rupawan akhirnya mekar, hari yang penuh berkah akhirnya tiba. Selamat Hari Raya Idul Adha untuk ayah dan ibu tercinta. Maafkan annada lahir dan batin.

– Kembang mawar sungguhlah wangi dan indah, layaknya harum Idul Adha yang tercium sudah Ayah dan ibu yang selalu diberkahi Allah SWT, mohon maafkan semua salah yang pernah anakmu ini lakukan.

– Seiring takbir berkumandang isyarat Idul Adha telah datang. Ampunan dan berkah Allah SWT semoga kita semua dapatkan. Selamat Idul Adha buat bapak dan ibu di rumah, maafkan ananda lahir dan batin.

– Ya Allah Yang Maha Kuasa, jadikanlah nafasku sebagai bukti cinta kepadaMu dan pengorbananku dan orang tua sebagai bukti taat padaMu. Selamat Idul Adha Ayah dan Ibu tercinta, semoga ridho Allah SWT menyertai setiap waktu.

Nah, sudah tahu kan? Bagi yang belum bisa mudik, jangan lupa segera kirim ucapan kepada kedua orang tua. (*)

Indeks Berita