oleh

Gagal Bayar, Bukti Perusahaan Gagal?

-Kolom-164 views

ACEHSATU.COM – Lagi-lagi Indonesia, tepatnya “penguasa” negara ini bikin heboh. Kehebohan yang membikin bingung rakyatnya.

Anda pasti sudah ikuti berita PT Jiwasraya yang gagal bayar klaim nasabah? Perusahaan negara itu tidak bisa memenuhi kewajibannya. Bingungkan? Kok bisa perusahaan yang sukses mencatat laba yang signifikan berturut-turut selama lima tahun terakhir, namun merugi bahkan gagal bayar pada akhir tahun 2019?

Apakah benar penyebab gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya karena ada yang merampok? Betulkah tuduhan Keuangan perusahaan BUMN ini sudah bermasalah sejak 2006? Siapa yang merampoknya?

Berita ini terus terang saja membuat rakyat Indonesia terbengong-bengong. Pasalnya tanpa angin, tanpa hujan tiba-tiba ada perusahaan besar terjadi gagal bayar. Tentu saja rakyat Indonesia tidak percaya. Tidak mungkin rugi besar jika tidak salah dalam pengelolaannya.

Sejurus dengan anggapan rakyat awam. Pengamat ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartati, mengungkapkan kasus perusahaan asuransi sampai tekor triliunan rupiah dinilainya tidak lazim.

Enny menilai Pengelolaan dana di industri asuransi, berbeda dengan perusahaan investasi lainnya. Sehingga kalau sampai rugi triliunan di industri ini, berarti ada salah kelola atau moral hazard. (Kompas.com, Rabu, 25/12/2019).

Sepakat dengan ekonom Indef bahwa kegalalan sebuah perusahaan bisa disebabkan oleh banyak hal termasuk miss-management. Didalamnya terdapat pula unsur tidak ada itikad baik dari pengelola. Maka akan semakin mempercepat perusahaan itu fail (bangkrut).

Lantas apa saja ciri-ciri perusahaan gagal?

Dilansir dari Sindonews yang dikutip dari AJC, berikut beberapa tanda atau ciri-ciri perusahaan akan bangkrut :

Mundurnya Para Petinggi Perusahaan

Biasanya para petinggi perusahaan memiliki perananan penting dalam perkembangan sebuah perusahaan. Jadi jika mereka sudah mundur, boleh jadi ini sebuah pertanda dimana kebangkrutan akan segera terlaksana. Apalagi jika mereka mundur secara massal dan tidak lagi membantu dalam perkembangan perusahaan tersebut.

Pemotongan Biaya Secara Dadakan

Perusahaan yang sedang mengalami kesulitan finansial akan memotong sebisa mungkin semua anggaran yang dianggap tidak perlu atau tidak dibutuhkan. Jika semua biaya seperti biaya lembur, biaya makan siang, biaya insentif dan bahkan beberapa biaya penting seperti anggaran gaji terpotong. Maka ini merupakan salah satu tanda jelas ketika sebuah perusahaan mengalami kebangkrutan

Cara Komunikasi Berubah

Beberapa tanda yang mengarah ke sebuah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), salah satunya adalah bahwa komunikasi yang dulu disampaikan secara lisan atau secara langsung sekarang tiba-tiba melalui email, chat grup atau memo.

Tagihan Pembayaran Pihak Ketiga Terbengkalai

Jika pihak ketiga mulai bersuara tentang tidak dibayar, maka itu tanda perusahaan Anda akan bangkrut. Tetap berhubungan dengan agen pembelian dan akuntan di perusahaan untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan arus kas dan apakah perusahaan mendekati akhir.

Adanya Rekrutasi Besar-besaran

Biasanya perusahaan yang terancam bangkrut akan melakukan rekrutasi secara besar-besaran dan mendadak. Akan ada pimpinan baru yang akan menghandle setiap aktifitas penting di dalam industri tersebut. Karena pergantian atau rekrutasi secara mendadak adalah langkah awal antisipasi pihak manajemen dalam mempertahankan perusahaan dari berbagai kendala atau sebuah keadaan terburuk yaitu kebangkrutan.

Visi dan Misi Perusahaan Berubah Bisnis

Sebuah bisnis hebat mungkin memperbarui satu atau dua logo, tetapi jika Anda pernah dipanggil ke semua sesi di seluruh karyawan di mana visi ‘Baru’ yang tidak sesuai dengan alur bisnis. Maka itu pertanda perusahaan akan bangkrut.

Pintu Ditutup Saat Rapat

Ketika setiap hari tampaknya membawa lebih banyak pertemuan eksekutif yang sangat rahasia, perusahaan mungkin dalam kesulitan. Valerie Streif, penasihat senior di perusahaan pencari kerja The Mentat, mengatakan jika ada banyak pertemuan rahasia digabungkan dengan respons yang tidak jelas ketika Anda bertanya apa yang terjadi di balik pintu tertutup, Anda harus menerima sinyal ini dengan lebih serius.

Banyak Masalah Terbengkalai

Ketika perusahaan mengalami kegagalan dalam keuangan, maka banyak hal yang akan menjadi kendala. Salah satu tanda paling nyata adalah adanya beragam masalah yang tiba-tiba tidak bisa di selesaikan atau mengalami penundaan keputusan. Pihak atasan dan manajemen perusahaan yang gagal akan lebih sulit memutuskan berbagai persoalan penting. Bahkan tak jarang banyak proyek-proyek besar dan penting yang mengalami kesulitan hingga dibatalkan.

Demikian kata AJC dalam jurnalnya. Nah apakah PT Asuransi Jiwasraya memiliki tanda-tanda itu sebelumnya? Boleh jadi. Siapa tahu ya? Lalu bagaimana dengan kondisi pada perusahaan tempat Anda bekerja? (*)

Komentar

Indeks Berita