oleh

FPRM Dukung Pemko Langsa Pindahkan Pengungsi Rohingya ke Panti Gepeng 

-Langsa-31 views

ACEHSATU.COM | LANGSA –  Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM) mendukung langkah Pemerintah Kota Langsa memindahkan sebanyak 20 orang warga negara Myanmar etnis Rohingya dari Kantor Imigrasi Langsa ke Panti Gepeng milik pemerintah kota setempat.

Hal itu ditegaskan Nasruddin, SE  Ketua LSM FPRM kota Langsa, Aceh Tamiang dan Aceh Timur via selularnya kepada ACEHSATU.com, Kamis (6/12/2018).

“Langkah Pemko Langsa memindahkan 20 jiwa pengungsi Rohingya ke Panti Gepeng adalah sebuah tindakan terpuji, kami sangat mengapresiasinya,” ujar Nasruddin.

Menurutnya secara tidak langsung kebijakan pemerintah kota langsa adalah merupakan perbuatan  “memanusiakan manusia”.

Apalagi etnis Rohingya tersebut mayoritas beragama muslim.

Mereka melarikan diri dari negaranya guna menyelamatkan nyawa mereka dari kebiadapan serta kekejaman junta militer Myanmar.

BACA: Menteri Agama Myanmar : Etnis Rohingya Punya Agenda Terselubung

FPRM berharap Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Aceh serta instansi terkait  lainnya mendukung langkah Pemko Langsa.

Dimana dukungan itu tidak semata moril saja, namun faktor lainnya seperti penganggaran/biaya untuk kebutuhan hidup sehari hari para pengungsi seperti sandang, pangan dan lainnya juga tidak diabaikan, harapnya

Seperti diketahui, Pemko Langsa, Kamis (6/12/18) gelar rapat koordinasi lintas instansi terkait di aula pertemuan Walikota Langsa.

BACA: 20 Pengungsi Rohingya Terdampar di Kuala Idi

Rapat dipimpin langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Pemko Langsa Suriyatno, AP MAP membahas langkah penanganan pengungsi Rohingya, salah satunya adalah rencana menempatkan para pengungsi itu di Panti Gepeng.

“Langkah ini kita ambil pertimbangannya atas dasar kemanusiaan, selain itu kita (Pemko Langsa) juga akan terus lakukan koordinasi setiap tahapan tetutama dalam penanganan para pengungsi ini” papar Suriyatno.

Ditambahkan,  dalam penanganannya  Pemko Langsa sangat berharap adanya dukungan terutama dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Aceh dan lembaga terkait lainnya.

“Pemerintah kota Langsa juga berharap kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Aceh serta instansi terkait lainnya untuk bersama-sama membantu penanganan pengungsi ini,” ujarnya. (*)

Komentar

Indeks Berita