FORUM DAS Bagi Bibit Alpukat dan Durian di Aceh Tengah dan Bener Meriah

Kegiatan tersebut difalisitasi oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BP-DAS HL) Krueng Aceh, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.
FORUM DAS
Foto HO/ACEHSATU.com

ACEHSATU.COM | BENER MERIAH — Dalam rangka pelaksanaan kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan Forum¬† Daerah Aliran Sungai (DAS) Daerah, Forum Koordinasi Pengelolaan DAS (Forum DAS) Provinsi Aceh melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dan pembagian bibit gratis kepada 2 kepala desa/reje di Aceh Tengah dan satu reje di Bener Meriah, Jumat (30/7/2021).

Kegiatan tersebut difalisitasi oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BP-DAS HL) Krueng Aceh, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Kegiatan ini dilaksanakan di dalam kawasan hutan lindung dengan jumlah peserta yang sangat terbatas dan mematuhi prokes yang ketat.

Pelaksanaan FGD bertujuan untuk; pertama, mengidentifikasi permasalahan kelembagaan pengelolaan DAS dan dukungannya dalam pelaksanaan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL).

Selain itu juga untuk penguatan kelembagaan masyarakat dalam program pelaksanaan RHL dan memobilisasi multi stakeholders dalam mendukung kegiatan pelaksanaan RHL serta kelembagaan pengelolaan DAS dalam pelaksanaan RHL.

Pembagian bibit diserahkan langsung oleh Ketua Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Provinsi Aceh, Dr.Ir. Syahrul, M.Sc didampingi anggota Forum DAS Aceh lainnya antara lain Dr. Ir. Cut Maila Hanum, MP dan Ir. TM Zulfikar, ST, MP.,

Acara penyerahan juga disaksikan perwakilan BP-DAS HL Krueng Aceh, kepada masing-masing reje kampung.

Penanaman secara simbolis direncanakan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2021 di Kampung Damaran Baru Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah.

FORUM DAS
Foto HO/ACEHSATU.com

Total bibit yang diserahkan kepada tiga reje lingkup Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah sebanyak 500 batang, dengan jenis Alpukat (Persea americana) sejumlah 300 batang dan Durian (Durio zibethinus) sejumlah 200 batang.

Bibit tersebut bersumber dari bibit lokal yang berada di Kabupaten Aceh Tengah.

Ketua Forum DAS Aceh, Dr. Ir. Syahrul, M.Sc., mengatakan bahwa out put kegiatan FGD dan pembagian bibit gratis ini diharapkan dapat memberikan masukan terkait kelembagaan pengelolaan DAS dalam pelaksanaan rehabilitasi hutan dan lahan disamping mewujudkan pelaksanaan RHL secara nyata di tingkat tapak.

Dengan demikian kemandirian dalam mengelola dan menjaga daerah aliran sungai diharapkan menjadi meningkat. (*)