FKUB Bireuen Gelar Dialog Antar Umat Beragama, Ini Harapan Bupati Bireuen

Menjaga dan memelihara kerukunan umat beragama. Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bireuen, mengelar dialog antar umat beragama.
Staf ahli bidang pemerintahan, hukum, dan politik, Irfan, SPd, MPd saat menyampaikan arahannya, Selasa (20/10/2020) pagi. (Foto. Rahmat Hidayat/ACEHSATU.COM).

ACEHSATU.COM | BIREUEN – Menjaga dan memelihara kerukunan umat beragama. Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bireuen, mengelar dialog antar umat beragama.

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Bireuen diwakili staf ahlinya yang berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama, Cot Gapu, Kecamatan Kota Juang, Selasa (20/10/2020) pagi.

Ketua FKUB Bireuen, Hamdani Nurdin mengatakan, kegiatan ini rencana digelar September 2020, akibat peningkatan kasus Covid-19 di Bireuen, baru dapat dilaksanakan hari ini dan tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes)

Adapun maksud dan tujuannya dialog ini untuk senantiasa memelihara dan menjaga kerukunan antar umat beragama dalam situasi apapun yang tengah melanda Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sebutnya.

Sedangan peserta 45 orang dari kepala kantor urusan agama (KUA) Kecamatan, penyuluh agama islam KUA Kecamatan, anggota FKUB Bireuen, unsur dari tokoh masyarakat/pemuda/perempuan, dan unsur Kementerian Agama Bireuen.

Juga turut menghadirkan pemateri dari unsur Polres Bireuen, Kejaksanaan Negeri, Kantor Kementerian Agama, akademisi, jelas Hamdani Nurdin dalam kegiatan turut dihadiri Kepala Kesbangpol Bireuen, Zaldi AP S.Sos, dan KTU Kankemenag Bireuen, Iskandar, dan peserta.

Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani, SH, MSi yang diwakili oleh staf ahli Irfan, SPd, MPd mengatakan, selaku pimpinan daerah saya memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan kegiatan dialog antar umat beragama ini.

Karena dapat menjadi suatu wadah untuk senantiasa memelihara kerukunan dan toleransi antar umat agama. Dengan mengutamakan semangat persatuan dan kesatuan dilandasi Pancasila dan UUD 1945. Sehingga terbentuk masyarakat saling menghormati, saling menghargai antar sesama.

“Saya sangat mengharapkan seluruh peserta dan hadirin semua agar mampu meraih kemajuan tanpa mengorbankan harga diri dan martabat kita sendiri. Sungguh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa akan menuntun kita semua kalau kita ikhlas, berusaha dan berdoa, semoga kegiatan hari ini bisa bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat,” sebut Bupati Bireuen. (*)