Fakta Menarik Menjadi Mahasiswa Abadi

PEMBAHASAN tentang mahasiswa abadi memang selalu menarik untuk diikuti. Setiap mahasiswa abadi mempunyai cerita unik dan menarik dari masing-masing orang.
Mahasiswa Abadi
Denni Satria. Foto Pribadi

Oleh: Denny Satria

PEMBAHASAN tentang mahasiswa abadi memang selalu menarik untuk diikuti. Setiap mahasiswa abadi mempunyai cerita unik dan menarik dari masing-masing orang.

Tidak bisa dipungkiri setiap Universitas atau Perguruan Tinggi pasti mempunyai mahasiswa abadi.

Padahal untuk masuk menjadi mahasiswa/i di PTN/PTS bukanlah hal yang mudah, harus melewati berbagai test prosedur yang susahnya minta ampun, itu yang ada didalam pikiran calon mahasiswa baru.

Padahal, yang jauh lebih sulit dibandingan masuk adalah proses keluarnya, lika-liku kehidupan jelas membentuk karakter mahasiswa pada periode ini. Berikut ini adalah keuntungan yang didapatkan oleh seorang mahasiswa abadi:

1. KETENARAN

Kuliah 11 semester tentunya bukan waktu yang sebentar, prinsipnya sederhana, “Semakin lama berada dikampus, semakin terkenal pula dikampus”.

Bayangkan ketenaran yang didapatkan, mulai dari dosen, junior serta semua perangkat kampus akan mengenali kita, tentunya semakin banyak kenalan atau istilah keren-nya relasi akan memudahkan kita saat selesai kuliah nanti.

2. ILMU

Hal yang membuat kita kuliah hingga titik darah penghabisan semester biasanya adalah banyaknya Mata Kuliah (MK) yang harus diulang, Bayangkan apabila memiliki 1 MK yang harus diulangi hingga 3 kali, tentunya ilmu yang didapatkan dari MK tersebut akan terserap hingga ke saripati nya, menakjubkan bukan

3. PENGALAMAN

Kita membutuhkan pengalaman untuk hidup yang lebih baik, pengalaman membentuk karakter dikehidupan selanjutnya. Disaat selesai wisuda dan duduk berbagi pengalaman dengan para teman sejawat, akan menjadi sebut kisah menarik bagi semua teman sejawat yang mendengarkan lika-liku kuliah kita.

Atau setidaknya minimal pengalaman tersebut dapat kita ceritakan kepada anak cucu kelak tentang perjuangan di bangku perkuliahan.

4. LOVE STORY

Dari 5 hingga 7 generasi (Leting) dapat kita temui apabila menjadi mahasiswa yang benar-benar abadi, setidaknya minimal 1 generasi dapat kita pikat 1 pacar, dipastikan kita akan mempunyai pacar yang berbeda-beda disetiap generasi.

Sudah menjadi rahasia umum pada saat masa orientasi adalah ajang pencarian jodoh bagi para senior.

5. OLAH VOKAL

Olah vokal disini bukanlah kemampuan bernyanyi, tetapi olah vokal disini adalah kemampuan seseorang dalam berbicara serta berkelit dengan berbagai alasan terhadap vonis yang diterimanya, bayangkan selama menjadi mahasiswa akhir, mahasiswa terbiasa berpikir dengan cepat dan tepat terhadap berbagai pertanyaan yang sifatnya menyudutkan.

Semakin sering disudutkan, semakin terbiasa pula berkelit dengan jawaban-jawaban diplomatis untuk melepaskan diri, saya rasa kita semua paham untuk apa kelebihan ini diperlukan nantinya setelah berkerja.

Itulah beberapa keuntungan menjadi mahasiswa abadi menurut Rican Handika, selalu ada hikmah dibalik suatu cobaan, tetap semangat dan pantang menyerah untuk menyelesaikan sesuatu yang telah dimulai.

Yang menjadi dilema kadang-kadang adalah apa yang menjadi pilihan kita dengan apa yang diinginkan oleh orang tua. Rican berterus terang sebenarnya orang tuanya menginginkan dia segera lulus.

“Tuntutan dari orang tua pasti ada karena tidak mungkin orang tua tidak menginginkan anaknya lulus tepat waktu,” tutur mahasiswa yang sudah sangat akrab dengan karyawan kampus ini.

Penulis adalah karyawan salah satu PTS di Banda Aceh