Banda Aceh

Fachrul Razi: DPD RI Rekomendasikan Pemekaran Simeulue

Laporan Riswan Haris

ACEHSATU.COM, BANDA ACEH – Para anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ke Kabupaten Simeulue bisa berpuas hati. Pasalnya, kehadiran mereka diterima antusias oleh daerah berpenduduk lebih 90 ribu jiwa itu.

Fachrur-Razi-M.I.P

Fachrul Razi MIP

Kunjungan para senator ini dalam rangka meninjau wilayah yang akan dimekarkan menjadi sebuah Daerah Otonomi Baru (DOB).

Para anggota Komite I DPD RI itu menyatakan Kabupaten Simeulue sudah memenuhi syarat untuk dimekarkan. Begitu juga menyangkut administrasi lainnya sudah tidak ada kendala lagi.

Demikian disampaikan Ketua rombongan anggota Komite I DPD RI yang membidangi Pemekaran, Fachrul Razi, dalam pertemuan dengan ribuan warga Simeulue, di Kecamatan Salang, Sabtu (13/2/2016).

Fachrul mengatakan, pemekaran Kabupaten Kepulauan Selaut Besar di Simeulue sudah tidak ada kendala lagi, antaran sudah sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 maupun dengan Undang- undang Pemerintahan Aceh (UUPA).

“Jadi sudah tidak ada memiliki kendala ukum. Kita (DPD RI) kawal sampai pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP),” kata senator asal Aceh itu.

Kemudian, pihak DPD RI akan menggelar pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri untuk membahas soaldikeluarkannya PP tersebut. Dan, PP itu sendiri dikeluarkan bersamaan dengan daerah- daerah lain yang diusulkan untuk menjadi sebuah Daerah Otonomi Baru.

“PP tu tergantung emerintah Pusat, DPD RI akan terus mendorong dikeluarkannya PP, tidak hanya untuk Kabupaten Kepulauan Selaut Besar, namun juga untuk kabupaten lain,” ujarnya.

Setelah PP keluar, lanjutnya, maka status calon kabupaten baru akan menjadi sebuah kabupaten persiapan selama tiga tahun ke depan dan selama itu harus diasistensi oleh Pemerintah Pusat, provinsi, maupun kabupaten induk.

“Setelah tiga tahun itu barulah keluar Undang-undang dan menjadi dan menjadi kabupaten penuh,” pungkas mantan Juru Bicara Partai Aceh ini. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top