Event Tour de Sabang ingin Dijadikan Even Tahunan oleh Pemerintah Aceh

Event tour de Sabang (balap sepeda) membawa misi menuju sport tourism atau wisata olahraga di Kota Sabang ingin dijadikan agenda tahunan.
Tour de Sabang
Pembagian Hadiah Pemenang Even Tour de Sabang | Photo: Peserta Even Awein

ACEHSATU.COM | Banda Aceh,- Event tour de Sabang (balap sepeda) membawa misi menuju sport tourism atau wisata olahraga di Kota Sabang ingin dijadikan agenda tahunan.

Tour de Sabang membawa misi sport tourism dan Gubernur Aceh ingin event tersebut menjadi agenda Tahunan, kata Nova Iriansyah di sela-sela pelepasan start balapan sepeda kategori road bike, di tugu kilometer 0 Indonesia Kota Sabang pada Minggu (28/11/2021).

Untuk mencapai target sport tourism, lanjut  Nova, Pemerintah Aceh akan mendukung penuhnya  setiap event olahraga yang digelar di Pulau ujung barat Indonesia.

“Tour de Sabang ini ingin kita dijadikan agenda tahunan untuk itu Pemerintah Aceh akan konsen terhadap event-event olahraga,” ujar Nova.

Nova menuturkan, olahraga sepeda saat ini menjadi salah satu trend yang sedang naik. Apalagi bersepeda menyehatkan, sekaligus dapat mempromosikan wisata Sabang.

“Pemerintah Aceh bersama DPR Aceh sangat mendukung dan terus bekerja keras untuk meningkatkan baik itu kualitas maupun kuantitas event bersepeda,” kata Nova.

Selain itu, Nova juga menuturkan bahwa event bersepeda ataupun olahraga lainnya bermuara pada kompetisi paling besar, dalam hal ini pekan olahraga nasional (PON).

“Kegiatan ini untuk menunjang itu (prestasi atlet untuk PON), dan insyaallah ke depan dilaksanakan di Aceh-Sumut 2024,” ujarnya.

Karenanya, Gubernur Aceh meminta kepada Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Aceh untuk memasang target tinggi saat PON 2024.

“Makanya kita mulai dari sekarang, dan terus menyemarakkan event olahraga bersepeda seperti ini,” demikian Nova Iriansyah.

Seperti diketahui, Pemerintah Aceh baru melaksanakan event tour de Sabang, kegiatan tersebut diselenggarakan pada 26-28 November 2021.

Pada event tour de Sabang ini dilaksanakan dua kategori yakni untuk sepeda gunung atau mountain bike (MTB) serta khusus untuk sepeda balap (road bike), hingga ke titik 0 kilometer Indonesia.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus juga menyatakan bahwa event balapan sepeda seperti tour de Sabang ini membawa dampak positif terhadap perekonomian warga dan dunia pariwisata di ujung barat Indonesia itu.

“Acara seperti ini sangat berpengaruh positif, mengingat event tour ini mampu mempromosikan Sabang ke kanca dunia dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pariwisata,” kata Suradji Junus.