Erosi Sungai Arakundo Mengganas, Lintas Pante Rambong dan 5 Desa di Aceh Timur Lumpuh Total

Erosi Sungai Arakundo Mengganas, Lintas Pante Rambong dan 5 Desa di Aceh Timur Lumpuh Total

ACEHSATU.COM | IDI – Erosi sungai Arakundo kian mengganas. Akibatnya, jalan lintas yang menghubungkan Desa Pante Rambong dengan lima desa lainnya di Kabupaten Aceh Timur, lumpuh total.

Melansir Antara, jalan penghubung  enam desa tepatnya di Desa Pante Rambong, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, putus total akibat dihantam erosi air sungai Arakundo.

“Iya, erosi yang mengakibatkan badan jalan longsor diperkirakan sepanjang 50 meter itu sehingga kendaraan roda dua dan roda empat tidak dapat melintasinya lagi, karena akses jalan putus total,”kata Tokoh Masyarakat setempat, Zamzami, Minggu (21/6/2020).

Ia mengatakan, sehingga warga dari enam desa tersebut yakni, Pante Labu, Pante Rambong, Blang Senong, Suka Damai, Sah Raja, dan Sijudo kini jika hendak ke pusat kecamatan harus melalui jalan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara dengan jarak tempuh sedikit jauh.

Jalan yang putus total akibat dihantam erosi air sungai Arakundo di Desa Pante Rambong, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (21/6/2020). | Foto: ANTARA/Hayaturrahmah

“Mau tidak mau kami harus melalui jalan Langkahan tersebut apalagi dampak erosi diperkirakan akan melauas, disebabkan lokasi tersebut merupakan tikungan sungai yang dihempas arus dari bagian hulu,”kata Zamzami.

Sementara itu, Camat Pante Rambong, M Nasir dihubungi mengakui sudah melakukan mediasi terkait erosi yang mengakibatkan  akses jalan putus total, sehingga harus membuat jalan baru sekitar 30 meter di lahan warga yang nantinya akan diganti rugi oleh Pemkab Aceh Timur sesuai prosedur yang berlaku.

“Iya, kamipun sudah melakukan negosiasi dengan masyarakat setempat, serta melibatkan sejumlah pihak untuk pembebasan lahan. Dan warga memberikan dengan sukarela tapi nanti harus bayar sesuai prosedur yang berlaku,” pungkas M Nasir. (*)